Produsen Saling Bersaing Pamer Ponsel dengan Layar Digulung

Rabu, 18 November 2020 - 20:40 WIB
loading...
Produsen Saling Bersaing Pamer Ponsel dengan Layar Digulung
Kini giliran Oppo yang memamerkan perangkat ponsel konsep layar gulung yang dinamakan Oppo X 2021. Sebelum TCL, LG, dan Samsung melakukan hal yang sama. Foto/Intan R/SINDOnews/Capture
A A A
JAKARTA - Pabrikan ponsel cerdas menjelang akhir 2020 ramai-ramai pamer kemampuan menghasilkan smartphone dengan layar digulung . Inovasi ini merupakan "pesaing" dari ponsel layar lipat.

Dipelopori oleh TCL , kemudian raksasa teknologi Korea yaitu LG dan Samsung , menyusul dengan memperlihat smartphone berdimensi tablet saat layarnya direnggangkan. Kini giliran Oppo yang memamerkan perangkat ponsel konsep layar gulung yang dinamakan Oppo X 2021 di even Oppo Inno Day 2020. (Baca juga: Beredar Video yang Memamerkan Ponsel Pertama di Dunia dengan Layar Digulung )

Melalui konsep layar gulung ini, pengguna nantinya bisa mendapatkan format smartphone dan tablet di dalam satu perangkat. Oppo X 2021 dikembangkan inovasi layar berjenis continuously variable OLED display yang dapat memiliki dua ukuran.
Produsen Saling Bersaing Pamer Ponsel dengan Layar Digulung

Tampak konsep Oppo tentang ponsel dengan layar yang bisa digulung. Foto/LetsGoDigital

Layar terkecil pada ponsel ini memiliki ukuran 6,7 inci. Layar sebesar ini sangat kompak dan mudah untuk digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan. (Baca juga: Petinggi Samsung Pamer Ponsel yang Bisa Digulung )

Sementara saat direntangkan ponsel ini memiliki layar sebesar 7,4 inci. Ukuran layar sebesar ini dapat menghadirkan pengalaman layar tablet yang dapat memuat banyak konten untuk disajikan dalam bentangan lebih lebar.

Keberadaan layar gulung akan memberikan opsi kepada pengguna menyesuaikan ukuran layar berdasarkan kebutuhan. Karena masih sebagai ponsel konsep, pihak Oppo belum bisa memastikan kapan ponsel ini akan dirilis ke pasar. (Baca juga: Beginilah Rupa dari Ponsel LG dengan Layar Bisa Digulung )

"Ponsel ini masih berupa konsep, harganya berapa, spesifikasi pastinya belum tahu, jadwal peluncuran belum jelas," kata Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia.
Produsen Saling Bersaing Pamer Ponsel dengan Layar Digulung

Oppo dikabarkan siap memproduksi ponsel layar yang bisa digulung di tahun 2021. Foto/LetsGoDigital

Lebih lanjut, Aryo mengatakan, Oppo berkomitmen mewujudkan lebih lanjut Oppo X 2021. Tentunya ponsel layar gulung tersebut akan disempurnakan saat menjadi produk nyata.

Oppo X 2021 merupakan bentuk eksplorasi Oppo untuk mengejar bentuk baru sebuah smartphone masa depan. Eksplorasi ini telah dilakukan sejak 2013 saat merilis Oppo N1, perangkat pertama di dunia dengan kamera berputar 206 derajat.

Seri ponsel cerdas inovatif ini dilanjutkan di tahun berikutnya dengan kehadiran Oppo N3, yang dilengkapi kamera putar motorik pertama di dunia. Oppo kembali melanjutkan proses eksplorasi dengan meluncurkan Find X di tahun 2018, yang memiliki struktur dual-track periskop inovatif dan dapat menyembunyikan kamera serta 11 komponen lainnya di dalam ponsel.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6467 seconds (0.1#10.140)