Begini Cara Manfaatkan Tablet Galaxy Tab A7 untuk Anak Belajar dan Bermain!

Kamis, 19 November 2020 - 09:06 WIB
loading...
Begini Cara Manfaatkan Tablet Galaxy Tab A7 untuk Anak Belajar dan Bermain!
Samsung Galaxy Tab A7 memiliki fitur yang bisa di optimalkan oleh orang tua dan anak selama pandemi. Foto: dok. Samsung Indonesia
A A A
JAKARTA - Lebih dari 45 juta pelajar di Indonesia harus beradaptasi dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dari rumah. Lantas bagaimana agar mereka tetap produktif belajar dan bermain?

Riset konselor pendidikan Dokter Vivid F. Argarini mendapati bahwa anak-anak yang sudah berbulan-bulan melakukan PJJ sangat merindukan suasana sekolah (83%), teman-teman mereka (78%), juga guru mereka (45%).

Setelah belajar, sebanyak 57% siswa mengerjakan tugas, dan 56,5% memilih untuk bermain. Sebanyak 55% siswa mengatakan waktu bermain mereka memang menjadi lebih panjang dan alat bermain mereka selama masa-masa PJJ ini adalah perangkat elektronik.

Itu, sejalan dengan riset McKinsey & Company yang menemukan bahwa penggunaan layanan berbasis digital untuk PJJ meningkat hingga 76%.
Nah, mau tidak mau orang tua harus bisa memaksimalkan perangkat teknologi agar memenuhi tiga hal. Yakni belajar (edukasi), berkreasi, dan berekreasi.
Bagaimana caranya?

Samsung Kids
Begini Cara Manfaatkan Tablet Galaxy Tab A7 untuk Anak Belajar dan Bermain!

Tab A7 dilengkapi layar 10,4 inci, sehingga memuat materi pelajaran lebih luas. Lalu, ada Samsung Kids, semacam ruang kelas digital. Disini anak bisa belajar dan bermain dengan aman. Seret menu layar ke bawah dan buka Quick Panel, klik icon Samsung Kids. Pengguna akan dibawa ke layar dengan antarmuka khusus Samsung Kids beserta aplikasi khusus bagi anak-anak. Contohnya, Bobby’s Canvas untuk menggambar.

Parental Control
Berguna untuk memonitor maupun memahami perilaku penggunaan tablet oleh anak secara mendetail. Orang tua dapat mengatur aplikasi apa saja yang boleh dibuka dan jam penggunaannya. Fitur ini membantu untuk membatasi screen time anak maupun menghindarkan mereka membuka konten yang tidak disetujui orang tua. Sebagai contoh, orang tua dapat membatasi sehingga anak hanya dapat membuka aplikasi Google Classroom dari pagi hingga jam 2 siang, dan tidak dapat membuka aplikasi Instagram sebelum jam 4 sore.



Asah Potensi Anak
Orang tua bisa memanfaatkan kamera utama atau kamera belakang 8MP Tab A7 untuk merekam video 1080p. Misalnya bisa melatih kemampuan public speaking anak, yaitu melatih mereka berbicara dengan baik di muka umum. Fitur Quick Share berguna untuk berbagi file rekaman public speaking tadi dengan anggota keluarga lain secara mudah, terkhusus mereka yang memiliki perangkat Galaxy lain yang berdekatan.

Video Conference
Tab A7 dilengkapi kamera depan di bagian tengah atas tablet, memudahkan saat melakukan video conference dalam orientasi layar landscape. Pandangan mata anak tepat ke tengah layar, seolah bertemu langsung face-to-face dengan teman-teman sekelas dan gurunya, berkat komunikasi visual akurat. Tab A7 juga ditopang prosesor Snapdragon 662 yang bisa mendongkrak performa tablet secara signifikan.

Bermain Game
Anak-anak yang sudah selesai belajar dan menyelesaikan tugasnya dengan baik bisa diberikan reward bermain game pada waktu tertentu. Tab A7 mampu menjalankan game-game yang populer saat ini. Pengalaman main game maupun menikmati entertainment lain akan makin memuaskan berkat dukungan empat speaker Quad Speakers. Apalagi, sistem tata suara di tablet ini juga mendukung Dolby Atmos.

Tablet ini sudah tersedia di Indonesia dalam pilihan warna Dark Gray dan Silver dengan harga Rp4.999.000. Pembelian Galaxy Tab A7 hingga 15 Desember 2020 akan mendapatkan bonus 12 bulan perlindungan dari Samsung Care+ senilai Rp449.000 yang dapat di-redeem di aplikasi Samsung Gift Indonesia.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)