Emoh Nyensor, Vietnam Ancam Tutup Paksa Operasional Facebook

Jum'at, 20 November 2020 - 01:34 WIB
loading...
Emoh Nyensor, Vietnam Ancam Tutup Paksa Operasional Facebook
Seorang Juru Bicara Facebook, mengatakan, telah menghadapi tekanan tambahan dari Vietnam untuk menyensor lebih banyak konten dalam beberapa bulan terakhir. Foto/Ist
A A A
HANOI - Vietnam mengancam akan menutup Facebook di negaranya jika tidak tunduk pada tekanan pemerintah untuk menyensor lebih banyak konten politik lokal di platform-nya. Reuters melaporkan, hal itu diungkap pejabat senior di raksasa media sosial AS. (Baca juga: Larang Unggahan Pendiri FPI, Facebook Dibisikin Tim Lokal Anti-Habib Rizieq? )

Facebook memenuhi permintaan pemerintah setempat pada bulan April untuk secara signifikan meningkatkan sensornya terhadap posting "anti-negara" untuk pengguna lokal. "Tetapi Vietnam meminta perusahaan itu lagi pada bulan Agustus untuk meningkatkan pembatasan posting penting," kata pejabat itu kepada Reuters.

“Kami sudah sepakat pada April. Facebook telah mendukung akhir perjanjian kami, dan kami berharap pemerintah Vietnam melakukan hal yang sama,” kata pejabat tersebut, yang berbicara tanpa menyebut nama mengutip sensitivitas subjek.

“Mereka telah kembali kepada kami dan berusaha agar kami meningkatkan volume konten yang kami batasi di Vietnam. Kami telah memberi tahu mereka tidak. Permintaan itu datang dengan beberapa ancaman tentang apa yang mungkin terjadi jika kita tidak melakukannya,” katanya lagi.

Pejabat itu mengatakan, ancaman itu termasuk menutup Facebook sama sekali di Vietnam, pasar utama untuk perusahaan media sosial di mana mereka memperoleh pendapatan hampir USD1 miliar.

Facebook telah menghadapi tekanan yang meningkat dari pemerintah atas kebijakan kontennya, termasuk ancaman peraturan dan denda baru. Tapi itu telah menghindari larangan di semua tempat kecuali di beberapa tempat yang tidak pernah diizinkan untuk beroperasi, seperti China.

Di Vietnam, meskipun reformasi ekonomi melanda dan meningkatkan keterbukaan terhadap perubahan sosial, Partai Komunis yang berkuasa mempertahankan kontrol ketat atas media dan hanya mentolerir sedikit oposisi. Negara ini menempati urutan kelima dari bawah dalam peringkat kebebasan pers global yang disusun oleh Reporters Without Borders.

Kementerian Luar Negeri Vietnam, mengatakan, dalam menanggapi pertanyaan dari Reuters bahwa Facebook harus mematuhi hukum setempat dan berhenti "menyebarkan informasi yang melanggar adat istiadat tradisional Vietnam dan melanggar kepentingan negara".

Seorang Juru Bicara Facebook, mengatakan, telah menghadapi tekanan tambahan dari Vietnam untuk menyensor lebih banyak konten dalam beberapa bulan terakhir.

Tanggung Jawab Jelas
Facebook, yang melayani sekitar 60 juta pengguna di Vietnam sebagai platform utama untuk e-commerce dan ekspresi perbedaan pendapat politik, terus-menerus berada di bawah pengawasan pemerintah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)