Bikin Foto Malam Anti Burem Cuma Bermodal Kamera Smartphone

Sabtu, 21 November 2020 - 22:41 WIB
loading...
Bikin Foto Malam Anti Burem Cuma Bermodal Kamera Smartphone
Smartphone seperti Oppo Reno4 F memiliki fitur kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) pada kameranya. Sehingga bisa menghasilkan foto malam hari lebih baik.
A A A
JAKARTA - Fotografi malam hari bukan perkara mudah, apalagi bagi seorang pemula. Kondisi malam hari yang lebih minim cahaya kadang dapat membuat hasil foto terlihat tidak fokus, shaking atau bergoyang, blur alias berbayang, bahkan terlihat banyak noise atau bintik-bintik.
Nah, ada banyak cara yang bisa disiasati untuk dapat mengambil foto malam hari. Hanya bermodal smartphone. Tenang tidak perlu modal banyak kok.

1. Gunakan Tripod
Tripod berfungsi menjaga kestabilan perangkat smartphone saat memotret di malam hari. Kamera smartphone perlu menggunakan shutter lambat sehingga butuh penyangga kokoh. Tanpa tripod, hasil foto berpotensi menjadi blur karena posisi genggaman tangan tidak stabil atau bergetar.

2. Mode Manual
Tidak semua perangkat smartphone memiliki mode Manual. Mode Manual biasanya terdapat di kamera profesional, dan butuh pengertian dasar fotografi seperti ISO, Shutter Speed Aperture, White Balance dan Auto Focus. Keuntungan mode ini pengguna dapat mengatur penyetelan untuk mendapat foto malam hari sesuai keinginan.

3. Lampu Tambahan
Rata-rata perangkat smartphone terkini telah tersedia lampu flash atau lampu kilat yang bisa diatur pencahayaannya. Silahkan memanfaatkan lampu ini pada mode Fill Light. Artinya, lampu akan menyala terus untuk menerangi objek. Bisa juga menambahkan lampu LED portable atau senter LED untuk mendapat cahaya lebih terang.



4. Manfaatkan Fitur Kecerdasan Buatan
Smartphone seperti Oppo Reno4 F memiliki fitur kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) pada kameranya. Sehingga bisa menghasilkan foto malam hari lebih baik.

Fitur fotografi malam seperti AI Night Flare Portrait merupakan fitur eksklusif Oppo. Pengguna dengan mudah bisa menggabungkan efek bokeh dan algoritma lowlight-HDR untuk menangkap foto artistik dengan menambahkan efek neon artistik.

Selain itu, terdapat fitur AI Super Night Portrait yang memastikan swafoto dapat menghasilkan bidikan nan cerah dan jernih, bahkan dalam kondisi kurang cahaya sekali pun.

Untuk menggunakan kedua fitur tersebut, pengguna Oppo Reno4 F cukup memilih opsi fitur dari menu yang ada di kamera, lalu tekan tombol Shutter.
Oppo Reno4 F sendiri saat ini dibanderol Rp4,299 juta.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3217 seconds (0.1#10.140)