Pertama Kali, Dinosaurus Asli dalam Keadaan Utuh Dipamerkan

Minggu, 22 November 2020 - 12:18 WIB
loading...
Pertama Kali,  Dinosaurus Asli dalam Keadaan Utuh Dipamerkan
ilustrasi logo Jurassic Park. FOTO/ IST
A A A
NEW YORK - Kerangka dan kulit dinosaurus T-Rex paling lengkap pertama di Dunia akhitnya diungkap kepada Publik setelah terkubur 67 juta tahun lalu (Baca Juga: Rapat Bahas Duit Negara dengan DPR, Sri Mulyani Dapat Kabar Duka )

Tyrannosaurus rex, yang ditemukan terkubur dalam sedimen di sebelah Triceratops, diperkirakan berkelahi dengan dinosaurus pada saat kematiannya.

T. rex 100% lengkap pertama yang pernah ditemukan, akan segera dipamerkan di sebuah museum di North Carolina.

(Baca Juga: Blak-blakan Sri Mulyani, APBN dan Semua Sektor Shock )
Pertama Kali, Dinosaurus Asli dalam Keadaan Utuh Dipamerkan

Dijuluki 'Dinosaurus Duel', pasangan itu diawetkan bersama dalam apa yang diyakini sebagai pertemuan predator-mangsa 67 juta tahun lalu.

Para ahli mengatakan garis besar tubuh dinosaurus, jejak kulit dan bahkan luka, seperti gigi T-Rex yang tertancap di tubuh Triceratops masih terlihat.

Pertama Kali, Dinosaurus Asli dalam Keadaan Utuh Dipamerkan

Sisa-sisa tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 2006, di Montana AS oleh para pemburu fosil. Sejauh ini, mereka hanya dilihat oleh beberapa lusin orang.

Butuh waktu bertahun-tahun untuk mengekstrak kerangka seberat 14 ton dan mengatur pembelian mereka oleh Friends of the North Carolina Museum of Natural Sciences dengan sejumlah orang yang menemukan.

Kebanyakan kerangka T. rex dipegang oleh museum dan institusi swasta. Organisasi nirlaba tersebut telah menyumbangkan fosil tersebut ke Museum Ilmu Pengetahuan Alam Carolina Utara yang akan mulai membangun pameran khusus tahun depan.

Pertama Kali, Dinosaurus Asli dalam Keadaan Utuh Dipamerkan

Dinosaurus Duel, yang belum dipelajari ini telah digambarkan sebagai 'salah satu penemuan paleontologis terpenting di zaman kita'.

Dr Lindsay Zanno, kepala paleontologi di museum, mengatakan: Fosil ini akan selamanya mengubah pandangan kita tentang dua dinosaurus favorit dunia. Pelestariannya fenomenal, dan kami berencana menggunakan setiap inovasi teknologi yang tersedia untuk mengungkap informasi baru tentang biologi T. rex dan Triceratops.
Pertama Kali, Dinosaurus Asli dalam Keadaan Utuh Dipamerkan

'' T. rex juga memiliki jejak kulit - sisa-sisa fosil permukaan kulit - yang sangat langka,'' tutur Zanno seperti dilansir dari Buisness insidder.

Penjelasan di balik bagaimana dinosaurus itu terawetkan dengan baik bisa jadi karena ia ditemukan terkubur dalam sedimen dari lereng bukit Montana.

' Dinosaurus Duel' pertama kali dilelang pada tahun 2013 di Bonhams di New York, tetapi tidak ada tawaran yang memenuhi harga cadangan sebesar USD6 juta. Selama bertahun-tahun negosiasi, fosil tersebut dilaporkan dikunci di laboratorium atau gudang - sampai sekarang.

Pertama Kali, Dinosaurus Asli dalam Keadaan Utuh Dipamerkan
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0963 seconds (0.1#10.140)