Waspada, Desain Tangki Bensin Motor Bahayakan Fungsi Seksual

loading...
Waspada, Desain Tangki Bensin Motor Bahayakan Fungsi Seksual
Honda Africa Twin memiliki desain tangki yang sangat tinggi jika dilihat dari posisi jok motor. Desain tangki ini dinilai membahayakan. Foto / IST
JAKARTA - Lembaga riset, Neuroscience Research Australia baru-baru ini mengumumkan hasil penelitian mereka tentang desain tangki bensin motor. Dari penelitian itu ternyata desain tangkin bensin yang tidak ideal akan sangat mudah mencederai tubuh terutama di bagian panggul serta membahayakan fungsi seksual. (Baca juga : Elon Musk Figur Otomotif Paling Keblinger di Jagad Twitter)

Penelitian itu mengatakan tangki bensin yang didesain dengan sudut derajat tinggi atau lebih tinggi dibandingkan jok motor akan sangat mudah mencederai tubuh pengendara motor. Sebaliknya, tangkin bensin denga derajat ketinggian yang rendah jauh lebih aman buat anggota tubuh pengendara motor. Tidak hanya cedera di bagian panggul, desain tangki bensin itu juga akan mengganggu aktivitas harian bagian bawah tubuh pengendara motor seperti untuk berjalan kaki, mengeluarkan urin dan aktivitas seksual.

"Dari simulasi tabrakan yang kita lakukan, kami menemukan pengaruh yang berbeda dari berbagai desain tangki bensin yang kami teliti. Semakin tinggi desain tangki yang ada di motor akan semakin besar potensi terjadinya cedera di bagian panggul," uja dr Tom Whyte dari Neuroscience Research Australia.

Dari pengujian yang sama, para peneliti juga mendapatkan temuan lainnya. Mereka mengidentifikasi bahwa pengendara sepeda motor dengan postur yang lebih tegak, seperti para pengguna motor cruiser (jarak jauh), akan lebih berpotensi menabrak tangki bahan bakar dengan kekuatan yang besar. Sebaliknya pengendara motor yang mengendarai motor dengan cara bersandar mengikuti desain jok seperti rider motor sport jauh lebih aman.



"Akan ada proteksi yang lebih baik, saat mereka duduk denga cara bersandar. Dari tes yang kami lakukan, efek di bagian panggul yang dirasakan oleh pengemudi yang duduk dengan cara bersandar lebih minimal ketimbang duduk tegak," ucap dr Tom Whyte. (Baca juga : Menolak Mati, Toyota Land Cruiser 79 Dimodifikasi Jadi Kendaraan Tempur)

Dia mengatakan dengan desain tangki bensin motoryang lebih baik tentu akan lebih melindungi pengendara motor dari potensi cedera. Sementara situs Rideapart mengatakan salah satu tangki bensin motor yang kurang ideal adalah tangki bensin milik Honda Africa Twin.

"Tangki bensinnya selain besar juga mencuat tinggi. Sampai-sampai kontur desain joknya di bagia depan perlu menyesuaikan dengan ketinggian tangki bensin. Memang bagian ujung jok bisa sedikit jadi bantalan namun tidak akan bisa mencegah potensi cedera panggul seperti yang dibicarakan riset itu," tulis Rideapart.
(wsb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top