Hujan Sering Turun, Periksa Karet Wiper Mobil Anda Segera

loading...
Hujan Sering Turun, Periksa Karet Wiper Mobil Anda Segera
Karet wiper yang tidak layak pakai akan membahayakan Anda saat mengemudi mobil dalam keadaan hujan deras. Foto / IST
JAKARTA - Karet wiper mobil adalah salah satu komponen yang sangat penting saat berkendara mobil di hujan deras. Komponen ini penting karena bertugas menyapu air terutama bagian kaca depan mobil demi menjaga visibilitas dalam berkendara. (Baca juga : Elon Musk Figur Otomotif Paling Keblinger di Jagad Twitter)

Kondisi karet wiper mobil yang tidak baik akan membuat Anda kerepotan saat mengendarai mobil di saat hujan deras. Periksa karet wiper mobil Anda segera. Anda pun dapat dengan mudah mendeteksi karet wiper Anda sudah tidak bekerja dengan maksimal.

Perlu diketahui semua parts yang ada di mobil memiliki usia pakainya sendiri-sendiri. Tidak terkecuali karet wiper mobil. Usia pakai karet wiper sendiri bergantung pada jarak tempuh mobil. Jadi jika mobil sudah menempuh jarak 10 ribu km, jadi patokan saatnya ganti karet wiper. Buat Indonesia yang iklim tropis usia pakai karet wiper juga tergantung dari seberapa sering karet wiper terpapar cahaya matahari yang ekstrem.

Selain jarak tempuh, Anda juga bisa dapat dengan mudah mendeteksi karet wiper tidak bekerja maksimal dari sapuannya pada permukaan kaca yang basah. Apakah air yang ada di permukaan kaca tersapu bersih oleh wiper atau masih meninggalkan bekas? Kalau masih meninggalkan bekas, maka sudah saatnya ganti karet wiper. (Baca juga : Waspada, Desain Tangki Bensin Motor Bahayakan Fungsi Seksual)



Selain jejak, karet wiper yang getas juga menimbulkan bunyi decit di kaca mobilsaat wiper difungsikan. Jika sudah terdengar decitan, Anda memang harus segera menggantinya untuk tetap menjaga visibilitas berkendara saat hujan.

Kondisi wiper masih bagus atau tidak, juga bisa dilihat dari bentuk fisiknya (masih lurus atau sudah melengkung).Wiper yang masih bagus posisinya lurus, kalau dilihat melengkung maka harus diganti.

Masalah dari pemilik mobil saat ini adalah kecenderungan menganggap enteng pergantian wiper mobil. Apalagi masih ada anggapan yang penting air tersapu dari kaca mobil. Padahal kalau hujan makin derasdan hujan terjadi di malam hari, pengemudi bakal kewalahan mendapatkan visibilitas yang baik.



Selain itu banyak juga pengemudi yang enggan mengganti karena merasa tidak bisa mengganti karet wiper sendiri. Padahal dengan harga karet wiper yang tidak terlalu mahal dan panduan memasang karet wiper yang banyak tercecer di YouTube, pengemudi dapat memasangnya dengan mudah. Karena memang memasag karet wiper tidak terlalu sulit bagi siapa pun yang
(wsb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top