Terlalu Canggih, "Anti-Laser" Pengisi Baterai Ini Hanya Bekerja di Laboratorium

loading...
Terlalu Canggih, Anti-Laser Pengisi Baterai Ini Hanya Bekerja di Laboratorium
Sebuah gambar menunjukkan busur listrik yang dihasilkan dengan kumparan Tesla, eksperimen sebelumnya dalam menembakkan energi di ruang terbuka yang sayangnya tidak dapat mengisi daya ponsel Anda secara efektif. Foto/Airarcs/CC BY-SA 3.0
JAKARTA - Para ilmuwan telah menemukan cara untuk memancarkan energi dengan sempurna ke seluruh ruangan, berkat perangkat seperti sci-fi (fiksi ilmiah) yang mereka sebut "anti-laser". (Baca juga: Soal Frekuensi CPU dan Irit Baterai, Exynos 2100 Lebih Jago dari Snapdragon 875)

Idenya sederhana, yakni sama seperti laser yang memancarkan partikel cahaya, atau foton, satu demi satu dalam baris yang rapi dan teratur, anti-laser menyedot foton satu demi satu dalam urutan terbalik. Para peneliti telah lama berspekulasi bahwa perangkat seperti ini mungkin membuat kabel dan kabel pengisi daya menjadi sesuatu yang usang dari masa lalu, memungkinkan orang untuk menyalurkan energi tanpa terlihat ke seluruh ruangan ke laptop atau smartphone dan menyalakan tanpa mencolokkannya.

Meskipun anti-laser dasar telah diuji sebelumnya, dunia nyata tidak serapi dan teratur seperti laser yang diarahkan ke penerima tetap di laboratorium. Elektronik bergerak, benda menghalangi, dinding memantulkan energi dengan cara yang tidak terduga.

Anti-laser baru yang didemonstrasikan dalam percobaan ini menjelaskan semua itu, dan menerima energi yang tersebar yang dipancarkan di sekitar ruang dalam pola yang tidak dapat diprediksi -masih menerima 99,996% dari daya yang dikirim.



Istilah formal untuk metode yang mereka gunakan adalah "penyerapan sempurna koheren" (CPA). CPA menggunakan satu mesin untuk mengirim daya ke seluruh ruangan, dan yang lainnya (anti-laser) untuk menyedotnya kembali. Eksperimen CPA yang lalu, tulis para peneliti dalam makalah yang diterbitkan 17 November di jurnal Nature Communications, sangat menarik tapi memiliki batasan mendasar arah waktu.

Laman Nature.com menyatakan, eksperimen hanya bekerja dalam situasi di mana waktu dapat mengalir semudah mundur seperti maju, yang jarang ada dalam kehidupan kita sehari-hari.

Model paling sederhana dari penyiapan anti-laser, yang melibatkan penunjuk laser yang menembakkan foton satu demi satu ke penerima yang menelannya, pada dasarnya akan terlihat sama apakah Anda memutar rekaman aksinya maju atau mundur: Foton muncul dari satu perangkat, berjalan melintasi ruang angkasa dan memasuki perangkat lain.



Pengaturan seperti ini, dalam istilah fisika, dikatakan memiliki "simetri pembalikan waktu". Simetri pembalikan waktu hanya muncul dalam sistem tanpa banyak entropi, atau kecenderungan inheren sistem untuk jatuh ke dalam ketidakteraturan.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR ANDA
Top