Pengalaman Pertama Mencoba Fitur Belanja di Instagram, Instagram Shop, Ternyata Begini Hasilnya!

Minggu, 22 November 2020 - 23:54 WIB
loading...
Pengalaman Pertama Mencoba Fitur Belanja di Instagram, Instagram Shop, Ternyata Begini Hasilnya!
Instagram Shop sudah bisa di akses di Indonesia dan sudah banyak dimanfaatkan oleh berbagai online shop atau UMKM.
A A A
JAKARTA - Pekan lalu Instagram memang mengenalkan dua fitur baru, yakni Instagram Reels dan Instagram Shop. Keduanya di dorong agar bisa di adopsi lebih luas oleh pengguna. Nah, sementara Reels belum tersedia, Sindonews mencoba mengeksplorasi fitur belanja Instagram Shop.

Pengguna akun Instagram Bisnis pasti sudah menyadari fitur Instagram Shopping. Karena sudah ada sejak September 2018 silam. Tapi, di Indonesia belum banyak akun Instagram Bisnis yang bisa menggunakannya. Sebab, masih dalam tahap uji coba.

Sekarang, Instagram Shopping tidak hanya bisa digunakan di Indonesia. Tapi, pengguna di dorong untuk mengeksplorasinya. Sebab, ada tombol Shop yang ketika di tekan, pengguna seolah berada dalam sebuah marketplace, tapi masih di dalam aplikasi Instagram.

Nah, berikut adalah beberapa kesan-kesan awal yang di alami Sindonews saat mencobanya:

1. Dirancang UI dan UX yang Sangat Nyaman
Pengalaman Pertama Mencoba Fitur Belanja di Instagram, Instagram Shop, Ternyata Begini Hasilnya!

Begitu menyentuh tombol Shop, kita langsung di arahkan ke berbagai postingan produk. Pengguna bisa scrolling ke produk-produk yang menarik perhatian mereka dalam format dua kolom.

Ada 4 menu yang bisa di akses. Yakni Browse Shop untuk melihat langsung akun-akun toko/bisnis yang sudah kita follow. Editor Picks adalah konten produk yang direkomendasikan oleh Instagram.

Shop Collections lebih fokus mengarahkan pengguna berbelanja produk. Sedangkan Explore Guides berisi rekomendasi akun dan produk yang sangat berbeda dengan yang biasa mereka ikuti.

2. Fokus Pada Konten, Bukan Spek
Pengalaman Pertama Mencoba Fitur Belanja di Instagram, Instagram Shop, Ternyata Begini Hasilnya!

Berbeda dengan belanja di marketplace, Instagram Shop menaruh perhatian besar pada konten, baik foto dan video. Penjual, toko, atau brand bebas berkreasi dengan konten-konten yang cocok atau menarik perhatian penjualnya.

Instagram Shop adalah pengalaman berbelanja yang beorientasi ke konten. Dan linimasa yang kita dapat juga sesuai dengan konten-konten yang biasa kita konsumsi, karena ditarik dari akun-akun yang kita follow. Misalnya jika banyak memfollow akun tentang motor dan otomotif, maka yang muncul pun produk baju, helm, hingga motor.

Di Instagram Shop, pengguna bisa menikmati foto sebuah sepatu dengan menggeser-geser slide di postingannya, menyelami video proses pembuatannya, atau bagaimana sepatu itu digunakan. Sehingga potensi terhubung lebih dalam ke sebuah produk sangat besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)