Tanaman Langkah untuk Pengobatan Tradisional Ditemukan di Gunung Hengduan

Senin, 23 November 2020 - 03:05 WIB
loading...
Tanaman Langkah untuk Pengobatan Tradisional Ditemukan di Gunung Hengduan
Fritillaria delavayi tumbuh di pegunungan Hengduan sebagai bentuk kamuflase. Kredit: Yang Niu
A A A
Jakarta - Fritillaria delavayi adalah sebuah tanaman yang sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional China. Namun, tanaman ini semakin langkah seiring banyaknya pemanenan yang dilakukan oleh manusia.

Para ilmuwan menemukan tanaman Fritillaria delavayi di lereng berbatu pegunungan Hengduan China. Padahal, tanaman ini dulunya seiring ditemukan di daerah tempat tinggal mereka.

Baca juga : Tips agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Penemuan ini mendorong adanya evolusi spesies tanaman dalam bentuk warna baru, khususnya Fritillaria delavayi. Tanaman ini menyamarkan diri dengan baik sehingga memiliki peluang lebih tinggi untuk bertahan hidup.

Ilmuwan dari Institut Botani Kunming (Akademi Ilmu Pengetahuan China) dan Universitas Exeter, Inggris, sedang mengukur seberapa dekat tanaman dari populasi yang berbeda. Mereka juga berbicara dengan penduduk setempat untuk memperkirakan berapa banyak hasil panen tanaman untuk obat-obatan di setiap lokasi.

"Sungguh luar biasa melihat bagaimana manusia dapat memiliki dampak langsung dan dramatis pada pewarnaan organisme liar, tidak hanya pada kelangsungan hidup mereka tetapi juga pada evolusi mereka sendiri," kata Profesor Martin Stevens dari Pusat Ekologi dan Konservasi Universitas Exeter, dikutip dari Scitechdaily.

Mereka menemukan bahwa tingkat kamuflase pada tanaman berhubungan dengan tingkat pemanenan. Semakin banyak kamuflase yang terjadi maka semakin sedikit pemanenan yang dapat dilakukan oleh masyarakat lokal.

"Banyak tumbuhan tampaknya menggunakan kamuflase untuk bersembunyi dari herbivora yang mungkin memakannya tapi di sini kita melihat kamuflase berkembang sebagai respons terhadap kolektor manusia," tambahnya.

Dalam percobaan komputer, tanaman yang lebih banyak disamarkan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk dideteksi oleh manusia. Ini didasari oleh sifat manusia yang sering menganggap bahwa tanaman liar berbeda dengan tanaman yang sering dijumpai.

"Mungkin saja manusia telah mendorong evolusi strategi pertahanan pada spesies tumbuhan lain. Namun, yang mengejutkan adalah penelitian tentang hal ini (Fritillaria delavayi) masih sangat sedikit," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)