Ini Ambisi Besar Elon Musk untuk Umat Manusia di Usia 79 Tahun

loading...
Ini Ambisi Besar Elon Musk untuk Umat Manusia di Usia 79 Tahun
Tampak ilustrasi dari koloni manusia di Planet Mars dengan roket SpaceX Starship di latar belakangnya. Foto/Space X
LONDON - Elon Musk dikenal dengan ambisinya yang luar biasa. Setelah sukses membangunindustri mobil listrik, manusia cerdas ini kembali mendulang keberhasilan dengan perusahaan penerbangan luar angkasanya,SpaceX. (Baca juga: 8 Destinasi Keren yang Bisa Dijelajahi Wisatawan Super Tajir di Planet Mars)

Sekarang ayah satu anak ini berencana membawa manusia untuk tinggal di kubah kaca di Planet Mars. Tidak tanggung-tanggung, CEO SpaceX itu menargetkan untuk mengangkut satu juta orang ke Planet Merah pada tahun 2050.

Peranyaannya, bagaimana Elon Musk membuat mereka semua yang diangkut SpaceX bisa bertahan hidup di Mars, planet panas. Terkait hal ini, dia baru-baru ini mencuit, "Kehidupan dalam kubah kaca pada awalnya. Akhirnya, terraform untuk mendukung kehidupan, seperti Bumi."

Terraforming berarti menciptakan lingkungan yang tepat di luar kubah. Sehingga tanaman dapat tumbuh seperti di Bumi dan akan menyediakan pasokan oksigen bagi makhluk hidup. (Baca juga: Ellon Musk Ungkap SpaceX Sudah Siapkan Starship Rute Bumi - Planet Mars PP)



Ketika diberi tahu bahwa terraforming tidak mungkin bekerja dengan teknologi saat ini, Musk punya pendapat lain. "Terraforming akan terlalu lambat untuk menjadi relevan dalam hidup kita. Namun, kita dapat membangun basis manusia di sana dalam hidup kita. Setidaknya peradaban antariksa di masa depan -menemukan reruntuhan kita- akan membuat manusia terkesan sejauh itu," katanya, disitat dari laman The Sun.

Musk sebelumnya mengakui mencapai Mars dengan roket SpaceX adalah bagian yang mudah. Tetapi menciptakan kota di sana akan sangat sulit. Sejumlah penelitian telah menyimpulkan bahwa pembentukan terraforming di seluruh planet Mars dan mengubah atmosfernya mungkin tidak dapat dilakukan. Bahkan jika semua lapisan es mencair untuk melepaskan CO2.

Musk sendiri menginginkan roket Starship untuk melakukan perjalanan ke Mars pada awal 2021. Selama konferensi Satellite 2020 awal tahun ini, dia mengatakan, jika kita tidak meningkatkan kecepatan kemajuan, dirinya pasti akan mati sebelum manusia pergi ke Mars.



Jika ambisinya pada 2050 menjadi kenyataan, Musk akan berusia 79 tahun. Saat itu, satu juta manusia tinggal di kubah yang diusulkannya di Planet Mars. Dia sebelumnya telah menguraikan rencana untuk koloni Mars yang didirikan oleh perusahaan roketnya, SpaceX. (Baca juga: Stabilitas Nasional Memanas, Jokowi Diminta Segera Tampil)
(iqb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top