Kominfo Belum Memilah Hoaks Terkait Habib Rizieq

Senin, 23 November 2020 - 12:48 WIB
loading...
Kominfo Belum Memilah Hoaks Terkait Habib Rizieq
kepulangan Habib Rizieq Shihab. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab (HRS) akhirnya pulang ke Tanah Air. Kepulangan HRS diikuti dengan pemberitaan yang cukup intens, termasuk unggahan dengan narasi hoaks di media sosial. BACA JUGA - Air Laut Terus Naik, NASA Teliti Gejala Tak Biasa Bumi dari Angkasa

Juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi, mengatakan sejauh ini Kominfo belum memilah hoaks yang spesifik terkait HRS. BACA JUGA - Pertama Kali, Dinosaurus Asli dalam Keadaan Utuh Dipamerkan

"Sejauh ini kami belum memilah hoaks yang spesifik terkait HRS," kata Dedy kepada SINDOnews, Senin (23/11/2020).

Namun menurut penelusuran dari laman resmi Kominfo, terdapat beberapa berita yang dicap hoaks soal HRS.

Terbaru mengenai Kim Jong Un yang berikan komentar terkait kepulangan HRS ke Indonesia. Beredar kabar di media sosial yang menyebutkan bahwa pemimpin tertinggi Korea Utara itu memberikan komentar terkait kepulangan Habib Rizieq ke Tanah Air.

Postingan ini mengarahkan pembaca ke situs Youtube yang diklaim berisi video komentar dari Kim Jong Un. Video tersebut diawali dengan narasi visual terkait berita kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia.

Lalu, di menit ke 4.14, menampilkan rekaman pidato dari Kim Jong Un yang diisi dengan suara berbahasa Indonesia dari pihak lain.

Faktanya setelah ditelusuri lebih lanjut, video asli dari rekaman Kim Jong Un yang dimanipulasi itu merupakan video pidato dari Presiden Korea Utara pada Parade Militer dalam rangka memperingati ulang tahun Partai Buruh Korea Utara yang ke 75.

Pencarian berita melalui Google juga tidak menunjukkan adanya komentar resmi dari Presiden Korea Utara ini terkait kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia. Unggahan tersebut dicap hoaks oleh Kominfo pada 16 November 2020.

Ada lagi unggahan di media sosial tentang pesawat bergambar Habib Rizieq hadiah dari Raja Salman. Unggahan ini dicap hoaks oleh Kominfo pada 7 November 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2129 seconds (0.1#10.140)