Terobosan Teknologinya Diakui Dunia, Orang Indonesia Ini Ogah Berpikir Ribet

Sabtu, 21 November 2020 - 21:20 WIB
loading...
Terobosan Teknologinya Diakui Dunia, Orang Indonesia Ini Ogah Berpikir Ribet
Onno W Purbo, pakar teknologi dan informasi asal Indonesia meraih penghargaan tertinggi Jonathan B Postel Service Award dari Internet Society . FOTO/ WBS/SINDO
A A A
JAKARTA - Sosok pria bernama Onno W. Purbo di kancah teknologi Tanah Air mungkin tidak selalu mendapat perhatian. Namun pria yang akrab disapa Onno ini termasuk sosok berjasa dalam menyediakan internet gratis bahkan di negara lain. BACA JUGA - Air Laut Terus Naik, NASA Teliti Gejala Tak Biasa Bumi dari Angkasa

Perjuangan Onno W Purbo, pakar teknologi dan informasi asal Indonesia meraih penghargaan tertinggi Jonathan B Postel Service Award dari Internet Society (ISOC) organisasi nirlaba global. BACA JUGA - Pertama Kali, Dinosaurus Asli dalam Keadaan Utuh Dipamerkan

Ia dianggap berjasa di bidang internet dengan berbagai inovasi dan jasanya tidak hanya bagi Indonesia, namun juga dunia.
Terobosan Teknologinya Diakui Dunia, Orang Indonesia Ini Ogah Berpikir Ribet

Onno bercerita ia mendapat motivasi untuk meraih penghargaan Jonathan B Postel Service Award dari ilmuwan komputer asal Korea Selatan, Prof Kilnam Chon.

"Dia mendesak saya untuk membuat terobosan dan masukan ke Jonathan B Postel Service Award. Karena pemenang penghargaan itu didominasi oleh bule, kita ingin ada orang Asia yang mendapatkan penghargaan itu," ungkap Onno saat ditemui SINDOnews di Jakarta.

Kemampuan Onno membangun koneksi internet dengan peralatan atau teknologi seadanya di harga terjangkau ini membuatnya diperbantukan untuk membangun internet di negara berkembang kawasan Afrika dan Asia yang kemudian jadi bekal mengajukan penghargaan ke Internet Society.

"Ya, internet adalah cara mengakses informasi, siapapun memiliki hak untuk mengakses informasi tapi kalau tidak ada internet ya orang tidak tau caranya mendapatkan hak tersebut. Makanya di sini saya bantu gimana cara bikin internet," ujar Onno.

"Bayarnya dengan doa setiap sesudah Anda salat. Kursus bisa di downlong, nggak suah bayar apa-apa, dengan cara ini orang-orang bisa bikin internetnya sendiri," jawab Onno sambil tertawa.
Terobosan Teknologinya Diakui Dunia, Orang Indonesia Ini Ogah Berpikir Ribet


Onno mengaku banyak sekali dari orang di Indonesia yang mau belajar atau membuat internet tapi keterbatasan dengan dana. Makanya dia membagikan semua ilmunya gratis, dan memberikan jawaban yang sama di media sosial Twitter maupun YouTube saat ditanya soal biaya belajar kepada dirinya.

Onno juga menggagas frekuensi WiFi serta memperkenalkan warung internet (warnet) dan juga jaringan bernama RT-RW-Net guna jaringan selular komunitas di Indonesia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5266 seconds (0.1#10.140)