Koenig, Aksesoris Sepeda Brompton Buatan Indonesia Berbahan Pesawat Terbang

Senin, 23 November 2020 - 23:40 WIB
loading...
Koenig, Aksesoris Sepeda Brompton Buatan Indonesia Berbahan Pesawat Terbang
Koenig tercatat sebagai aksesoris sepeda Brompton pertama di dunia yang diproduksi dengan standar manufaktur industri penerbangan. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Popularitas Brompton di Indonesia yang melesat membuat salah satu perusahaan manufaktur lokal memutuskan untuk memproduksi aksesoris khusus sepeda yang harganya mencapai puluhan juta rupiah tersebut. Menggunakan merek Koenig (Raja, dalam Bahasa Jerman), aksesoris-aksesoris ini diklaim memakai material dan standar produksi yang biasa diterapkan industri komponen presisi dan penerbangan. (Baca juga: Serunya Crazy Rich Tanjung Priok Gowes Brompton di Bandung )

“Awalnya produsen kami yang telah lama memproduksi dan mengekspor produk presisi tinggi ke Eropa, Asia dan Amerika mendengar keluhan sekelompok pemilik sepeda lipat Brompton soal kualitas aksesoris impor yang membanjiri pasar Indonesia . Kualitas semua aksesoris tersebut dianggap tidak memuaskan baik dari sisi daya tahan, keamanan, dan desain," kata Utjang, Direktur Pemasaran PT Helix Bike Indonesia, distributor tunggal Koenig, Senin (23/11/2020).
Koenig, Aksesoris Sepeda Brompton Buatan Indonesia Berbahan Pesawat Terbang

Lantas pihaknya merasa tertantang untuk memproduksi apa yang dibutuhkan konsumen. "Dan kami mempelari semua yang dibutuhkan untuk memuaskan mereka, sampai akhirnya melahirkan Koenig pada 4 Oktober lalu,” kata Utjang.

Koenig, menurut Utjang, mungkin tercatat sebagai aksesoris sepeda pertama di dunia yang diproduksi dengan standar manufaktur industri penerbangan. Pemilihan material, proses perancangan, hingga manufaktur dilakukan dengan perhatian tinggi pada detail keamanan, kekuatan, dan nilai seni.

“Koenig mengisi kebutuhan pasar premium, karena itu kami memberi kualitas yang keamanan, kekuatan dan nilai seninya belum pernah dibuat oleh manufaktur aksesoris sepeda manapun di dunia. Hasilnya, meski belum berumur tiga bulan, respons pasar yang kami terima sangat positif. Bukan hanya di pasar Indonesia tapi juga di Singapura, Malaysia, Filipina, dan Hong Kong," paparnya.
Koenig, Aksesoris Sepeda Brompton Buatan Indonesia Berbahan Pesawat Terbang

Utjang mengklaim, hal ini memuaskan pelanggan. "Saat ini pelanggan mengaku tak hanya sangat puas tapi menganggap Koenig sukses membuat new benchmarking pada industri global aksesoris sepeda,” ucapnya.

Menyinggung soal produk, Utjang menginformasikan, ada empat jenis aksesoris Koenig yang telah dilempar ke pasar. Yaitu, Easy Wheel (roda penopang untuk mobilisasi sepeda Brompton ketika dalam keadaan terlipat), Seat Post clamp (pengunci tonggak sadel), Seat Post Stopper (Pelindung tonggak sadel), dan Rackshaft (poros pasang easy wheel).
Koenig, Aksesoris Sepeda Brompton Buatan Indonesia Berbahan Pesawat Terbang

Easy wheel mempunyai tiga aliran desain, KURVE, KIRIKO dan HANAMI, yang secara keseluruhan menghasilkan 18 varian. Lalu Seat Post Clamp punya satu varian dengan aliran desain FEINMECHANIK, Rackshaft punya 1 varian dan terakhir, Seat Post Stopper punya tiga varian.

“Material utama semua produk ini adalah Inox, aluminium kelas pesawat terbang dan titanium kelas pesawat terbang yang tahan segala macam cuaca, andal untuk pemakaian jangka panjang serta memberi penampilan istimewa,” pungkas Utjang. (Baca juga: Yuk Ikutan Kampanye #LGPuriCareWAPChallenge, Hadiahnya Masker Canggih Loh! )
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)