Twitter Akan Alihkan Akun Kepresidenan AS ke Joe Biden

Selasa, 24 November 2020 - 13:09 WIB
loading...
Twitter Akan Alihkan Akun Kepresidenan AS ke Joe Biden
Logo Twitter. FOTO/ Ist
A A A
JAKARTA - Twitter akan mentransfer akun @POTUS kepada Presiden terpilih Joe Biden ketika dia dilantik pada Hari Pelantikan alias Inauguration Day.

Twitter tetap akan mentransfer akun tersebut ke Biden meskipun Donald Trump belum mau memberikannya,

Sampai saat ini, Trump memang belum mau mengakui kekalahan. Padahal telah dinyatakan bahwa Biden unggul dalam pemungutan suara.

"Twitter secara aktif bersiap untuk mendukung transisi akun Twitter institusional Gedung Putih pada 20 Januari 2021," kata juru bicara Twitter dalam pernyataannya untuk The Verge, dikutip Selasa (24/11/2020).

“Seperti yang kami lakukan untuk transisi presiden pada 2017, proses ini dilakukan dengan konsultasi erat dengan Administrasi Arsip dan Arsip Nasional," sambungnya.

Akun kepresidenan lainnya, termasuk @whitehouse, @VP, dan @FLOTUS, juga akan dipindahkan kepemilikannya.

Selanjutnya, konten-konten yang ada di semua akun akan diarsipkan sebelum dipindahkan kepemilikannya. Lalu, akun tersebut bakal disetel ulang, sehingga jumlah cuitannya kembali ke 0.

Sementara itu, Donald Trump tetap bisa mengontrol akun personalnya @realDonaldTrump setelah pelantikan Biden. Kendati demikian, akun milik Trump akan kehilangan sejumlah perlindungan khusus yang didapatkannya karena status Trump sebagai pemimpin dunia.

Artinya, Trump akan tunduk pada aturan yang sama dengan pengguna Twitter lainnya.

Tak hanya Twitter, Sabtu lalu, Facebook juga mengumumkan akan memindahkan akun resmi POTUS ke platformnya ke pemerintahan baru.

"Pada 2017 kami bekerja dengan pemerintahan Obama dan dan nanti, juga demikian, (bekerja sama dengan) pemerintahan Trump untuk memastikan pemindahan akun Facebook dan Instagram berjalan lancar di tanggal 20 Januari mendatang," ujar pihak Facebook.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4045 seconds (0.1#10.140)