Vokatalks Perdana Promosikan Pendidikan Vokasi secara Virtual

Kamis, 26 November 2020 - 04:11 WIB
loading...
Vokatalks Perdana Promosikan Pendidikan Vokasi secara Virtual
Vokasinesia hadir untuk menggelar Vokatalks, yakni program bincang-bincang dan tukar pikiran santai mengenai dunia vokasi di Indonesia melalui kegiatan virtual. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sumber daya manusia (SDM) yang berkualifikasi dan berkompetensi mumpuni adalah modal utama suatu bangsa untuk maju. Peningkatan kualitas SDM itu sendiri dapat dicapai melalui proses pendidikan yang tepat, di mana pola pendidikan yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan Industri , Dunia Usaha, dan Dunia Kerja (IDUKA).

Dalam hal ini Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) memiliki peranan penting. Sebab pada institusi pendidikan vokasilah SDM terbaik akan dibina dan ditempa agar mampu memiliki kualifikasi dan kompetensi mumpuni sesuai dengan kebutuhan IDUKA. Selain itu, PTV juga diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang adaptif dan mampu bertahan dalam persaingan di IDUKA masa depan. (Baca juga: Mendikbud: Vokasi Harus Bisa Menjadi Solusi )

Berdasarkan Undang-Undang (UU) No 12 Tahun 2012, dikatakan, Pendidikan Vokasi adalah program studi yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang menyiapkan mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu. Secara ideal, pendidikan vokasi sebenarnya merupakan jalur pendidikan yang paling mudah diaplikasikan, dengan syarat kurikulum atau pola pembelajaran yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan IDUKA.

Pendidikan vokasi dalam prosesnya menekankan pada pengembangan praktik/terapan dibandingkan teori. Pendidikan vokasi juga diarahkan pada penguasaan keahlian terapan tertentu dan beradaptasi pada bidang pekerjaan tertentu, sehingga memiliki naluri dalam penciptaan peluang dan lapangan kerja.

Sebagai respons terhadap kondisi tersebut, Vokasinesia hadir untuk menggelar Vokatalks, yakni program bincang-bincang dan tukar pikiran santai mengenai dunia vokasi di Indonesia. Tujuan dari pelaksanaan ini diharapkan pesan dan pandangan masyarakat terhadap pendidikan vokasi kini mampu berubah.

Vokatalks merupakan salah satu program dari Vokasinesia yang merupakan wadah atau platform media alternatif yang menyediakan informasi terbaru seputar dunia pendidikan vokasi di Indonesia. Vokatalks edisi pertama dibuka dengan bincang santai pendidikan vokasi bertema “Apa Sih Enaknya Vokasi? yang digelar pada Rabu (25/11/2020) dan disiarkan langsung dari kanal resmi Vokasinesia.

Pada sesi turut hadir Kemal Vivaveni Mochtar selaku pemandu acara, Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras Dudi), Ahmad Saufi selaku narasumber utama, dan narasumber lain yang tak kalah menariknya yakni Chief Engineer The Mulia Villa & Resort Bali, Dewa Made Juli Wiradnyana (alumni Politeknik Negeri Bali).

Ahmad Saufi mengatakan, munculnya stigma akan pendidikan vokasi selama ini disebabkan lantaran pemahaman masyarakat terkait keunggulan kuliah di politeknik atau sekolah vokasi masih minim. Padahal, saat ini pemerintah dalam membangun SDM unggul fokus pada penguatan pendidikan vokasi. Direktorat Mitras DUDI menjadi katalisator bagi terjalinnya link and match dengan industri.

“Memilih pendidikan vokasi itu banyak keuntungannya. Kita akan dilatih beradaptasi dengan kultur industri dan dunia kerja. Sehingga ketika lulus, langsung siap kerja. Keuntungan lainnya, lulusan vokasi dibekali dengan sertifikat kompetensi yang akan menjadi modal ketika memasuki dunia kerja,” tutur Saufi.

Dengan begitu, dia menegaskan, para orang tua tidak perlu ragu untuk menyekolahkan anaknya di jalur pendidikan vokasi. Jika tujuannya untuk cepat bekerja, pendidikan vokasi menjadi pilihan terbaik, termasuk dalam penguasaan hard skill dan soft skill. Pendidikan Vokasi juga menawarkan beragam bidang dengan program studi yang menarik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)