Anti Boncos, Ini yang Terjadi Ketika Pabrik dan Manufaktur Gunakan Internet of Things!

Kamis, 26 November 2020 - 21:08 WIB
loading...
Anti Boncos, Ini yang Terjadi Ketika Pabrik dan Manufaktur Gunakan Internet of Things!
Dengan koneksi IoT (Internet of Things), maka mesin akan bisa saling berkomunikasi dan berdampak pada banyak hal, termasuk efisiensi.
A A A
JAKARTA - Adopsi Internet of Things (IoT) di pabrik manufaktur diperkirakan akan semakin meningkat, seiring sudah semakin banyak perusahaan yang lebih banyak mengimplementasikan teknologi baru dan Revolusi Industri 4.0.
Dengan IoT, maka masing-masing perangkat akan bisa berbicara atau berkomunikasi. Di rumah, IoT memungkinkan konsumen mematikan lampu, menyalakan TV, memutar musik, mengecek isi kulas, hanya memakai smartphone.

Di pabrik atau perusahaan manufaktur, dampak IoT akan terasa besar. Industri bisnis manufaktur dapat dengan mudah mengelola bisnis, memastikan seluruh alur produksi berjalan optimal, hingga memantau kondisi aset perusahaan secara berkala. Lebih dari itu, biaya operasional juga bisa lebih terjangkau dan efisien.

perusahaan telekomunikasi sudah mulai menghadirkan layanan “IoT Smart Manufacturing” untuk bisnis, yakni layanan yang dapat meningkatkan produktivitas dengan koneksi IoT bagi seluruh industri bisnis manufaktur.

”IoT sebagai bagian dari Revolusi Industri 4.0 menjadi salah satu inovasi teknologi yang mampu meningkatkan performa bisnis, termasuk industri manufaktur,” ujar Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena.



Apalagi, Bayu mengatakan, masa pandemi yang masih melanda sampai saat ini memaksa semua sektor industri untuk go digital.

Inovasi “IoT Smart Manufacturing” menurut Bayu ditujukan untuk mendukung transformasi digital industri manufaktur, khususnya dalam mengadopsi teknologi baru.

”IoT Smart Manufacturing” mampu memantau performa mesin produksi secara real-time dan akurat di berbagai industri manufaktur, industri bahan kimia, otomotif, tekstil, obat-obatan, dan lainnya,” ujar Bayu.



Secara mendetail, ia memaparkan bahwa Fitur “Smart Productivity” dapat memonitor performa mesin dalam industri manufaktur yang menggunakan aplikasi (AI Dashboard), perangkat keras (hardware), design solution, installation & setup, serta managed service operational.

Layanan ini akan memberikan manfaat bagi pelaku bisnis manufaktur untuk dapat memprediksi jika terjadi kerusakan pada mesin, memantau proses produksi dan kualitas output mesin, hingga dapat menemukan kegagalan produksi dari sebuah mesin.

Bahkan, Indosat Ooredoo Business juga akan segera mengenalkan fitur andalan lainnya dari IoT Smart Manufacturing yang dapat mendukung pemeliharaan dan manajemen aset yang memanfaatkan perangkat seluler dan non selular (BLE, ZigBee, dll) serta web-based platform yang nantinya akan semakin melengkapi inovasi IoT (Internet of Things) terbaru untuk industri bisnis manufaktur.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4479 seconds (0.1#10.140)