Tablet Bisa Jadi Alat Bonding Orang Tua-Anak, Begini Caranya

Jum'at, 27 November 2020 - 21:12 WIB
loading...
Tablet Bisa Jadi Alat Bonding Orang Tua-Anak, Begini Caranya
Menyambut akhir pekan, banyak inspirasi kegiatan yang bisa dilakukan orang tua dan anak menggunakan tablet agar makin bonding satu sama lain pada masa bekerja dan belajar di rumah.
A A A
JAKARTA - Seharusnya perangkat tablet bisa dijadikan alat bonding antara orang tua dan anak. Apalagi, pemberlakuan sekolah di rumah selama pandemi COVID-19 membuat orang tua memiliki lebih banyak waktu di rumah.
Selain menjadi perangkat penunjang pembelajaran seperti video call dengan Zoom, mengerjakan tugas, dan membuat konten, masih banyak inspirasi kegiatan yang bisa dilakukan oleh orang tua dan anak dengan mengutilisasi perangkat tablet seperti Samsung Galaxy Tab A7 yang dibanderol Rp4.999.000 itu.

Memang ini menjadi tantangan baru bagi orang tua. Karenanya, mereka harus aktif untuk mencari tahu apa saja kegiatan yang bisa dilakukan bersama putra dan putri mereka, sehingga tablet tidak sekadar berfungsi sebagai alat hiburan atau bermain gim saja. Nah, berikut adalah inspirasi yang bisa dicoba untuk mempererat hubungan orang tua-anak menggunakan tablet:

Membaca Bersama
Tidak perlu repot membeli buku fisik. Sebab, penulis dan penerbit buku anak sudah menyediakan beragam situs yang menyediakan buku bacaan untuk anak-anak. Jangan khawatir, banyak yang gratis. Platform untuk mendapatkannya juga beragam. Bisa melalui Google Play Books, Epic!, FarFaria, hingga National Geographic Kids.
Membaca bersama penting karena bisa melatih kemampuan bahasa dan berpikir anak agar tetap terasah. Sebelum tidur, orang tua juga bisa membacakan cerita untuk anak yang belum bisa membaca dengan lancar. Mendengarkan cerita akan melatih imajinasi tentang cerita yang di dengarkan lewat visualisasi di kepala anak.

Tablet Galaxy Tab A7 dibekali layar IPS LCD berbentang 10,4 inci serta resolusi layar 2.000 x 1.200, sehingga sangat nyaman digunakan untuk membaca. Di mode malam, manfaatkan juga Blue Light Filter agar mata tetap nyaman.

Hal lain yang bisa dicoba adalah mendengarkan audiobook dan podcast tentang cerita anak yang sangat menarik. Tidak ada salahnya juga mendengarkan podcast dalam bahasa Inggris, untuk melatih pengayaan bahasa mereka.



Cari Kegiatan Baru, Misalnya Memasak Bersama
Ketika layanan makanan pesan-antar sudah dilakukan sehari-hari, tidak ada salahnya saat akhir pekan orang tua mengajak anak mereka untuk ikut memasak. Resepnya, bisa yang sederhana dan mudah. Atau, malah bebaskan anak memilih sendiri makanan yang mereka masak. Sehingga menjadi lebih bersemangat.

Ada banyak sekali aplikasi memasak yang bisa di unduh di Google Play. Favorit Sindonews adalah Cook Pad. Selain tampilannya menarik, resep-resep tersebut sudah dicoba langsung. Banyak pula ragam pilihan resep sederhana tapi enak, dan mudah sekali dicoba untuk orang tua yang tidak hobi memasak sekalipun.

Pengguna bisa membeli case tambahan untuk Galaxy Tab A7 atau tablet holder agar tablet tersebut berdiri dengan nyaman. Jangan lupa perpanjang nyala display agar layar tidak otomatis redup/mati.

Nonton Streaming
Tablet Bisa Jadi Alat Bonding Orang Tua-Anak, Begini Caranya

Salah satu keunggulan tablet Galaxy Tab A7 dibanding smartphone adalah ukuran layarnya yang besar. Sehingga lebih nyaman untuk menonton konten streaming. Ada banyak pilihan tontonan untuk anak. Netflix punya koleksi anime yang sangat beragam, misalnya koleksi film Studio Ghibli yang seru dan imajinatif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)