ASTRA Tol Cipali Total Upayakan Kenyamanan dan Keselamatan di Jalan Tol

Minggu, 29 November 2020 - 23:10 WIB
loading...
ASTRA Tol Cipali Total Upayakan Kenyamanan dan Keselamatan di Jalan Tol
Kondisi jalan tol yang mulus kerap melenakan pengguna jalan tol Cipali sehingga kurang waspada. Foto / Wahyu Sibarani
A A A
CIKOPO - ASTRA Tol Cipali berupaya total melakukan peningkatan performa kinerja operasional dalam memberikan pelayanan prima kepada pengguna jalan tol. Dalam bidang transaksi dilakukan penambahan 4 unit gardu satelit dengan 14 gardu utama, 7 Gardu Tol Otomatis (GTO), 3 gardu satelit arah Palimanan dan 5 arah Cikopo. Dengan penambahan tersebut jumlah total gardu di Gerbang Tol Palimanan sebanyak 44 unit yang dapat dioperasikan secara maksimal sebanyak 22 gardu arah Palimanan dan 22 gardu arah Cikopo.

Selain itu pada fasilitas informasi dilakukan penambahan 2 unit VMS (Variable Message Sign) yang berada di lajur Cikopo dan lajur Palimanan sehingga total VMS yang tersebar di sepanjang Ruas Tol Cipali sebanyak 9 unit. Penambahan VMS ini juga tentunya di dukung dengan teknologi terbaru bagi kenyamanan pengguna jalan dalam memperoleh informasi terupdate seputar lalu lintas di Ruas Tol Cipali. (Baca juga : Porsche Experience Center Dibuka di Jepang, Apa Istimewanya? )

ASTRA Tol Cipali Total Upayakan Kenyamanan dan Keselamatan di Jalan Tol




“Dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jalan, di tahun 2020 ini ASTRA Tol Cipali telah meningkatkan beberapa fasilitas layanan, seperti layanan transaksi dan juga layanan informasi. Dengan adanya penambahan 4 unit gardu satelit di Gerbang Tol Palimanan dan VMS dengan fitur terkini merupakan upaya kami dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan sehingga perjalanan di Tol Cipali dapat dirasakan Lancar, Aman dan Nyaman,”jelas Agung Prasetyo, Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali

Pada bidang layanan keselamatan, ASTRA Tol Cipali memiliki program 3E (Education, Engineering dan Enforcement). Pada sisi enforcement, ASTRA Tol Cipali terus melakukan upaya dalam meningkatkan kesadaran pengguna jalan terhadap keamanan dan keselamatan berkendara.

ASTRA Tol Cipali Total Upayakan Kenyamanan dan Keselamatan di Jalan Tol


Bekerjasama dengan Kementrian Perhubungan dan Polda Jawa Barat, ASTRA Tol Cipali secara rutin setiap tiga bulan sekali melakukan operasi penindakan over dimension dan overload (ODOL) kepada kendaraan golongan 2-5. Tidak hanya itu, sinergi ASTRA Tol Cipali dan Polda Jawa Barat juga dilakukan dalam melakukan operasi speed gun atau batas kecepatan setiap 2 bulan sekali guna memberikan efek jera dan sebagai bentuk ajakan untuk berkendara sesuai aturan dengan tertib mematuhi batas kecepatan min. 60 km/jam dan maksimal 100 km/jam. (Baca juga : Hyundai Kona dan Renault Zoe Jadi Mobil Paling Hijau versi Green NCAP )

ASTRA Tol Cipali Total Upayakan Kenyamanan dan Keselamatan di Jalan Tol


Pada sisi engineering, ASTRA Tol Cipali juga melakukan penambahan fasilitas keselamatan dengan memasang pembatas jalan yang biasa disebut wire rope. Saat ini sudah terpasang sepanjang 44 KM sampai akhir Desember akan terpasang 79 Km dan dipastikan sebelum Lebaran tahun 2021 wire rope akan terpasang di Ruas Tol Cipali sepanjang 106 KM. Wire rope merupakan pagar pembatas yang terbuat dari sling baja yang mampu menahan beban kendaraan sampai dengan 80 ton. Dengan pemasangan wire rope ini diharapkan fatalitas yang terjadi di Tol Cipali akan terus menurun.

ASTRA Tol Cipali juga memasang marka speed reducer sebagai implementasi dari sisi engineering yang berfungsi sebagai marka peringatan bagi pengguna jalan agar tetap fokus dan waspada saat berkendara. Marka speed reducer terdiri dari jenis marka dragon teeth dan marka chevron. Inovasi ini sudah terpasang sepanjang 8 KM pada Ruas Tol Cipali di sepanjang tahun 2020 sekaligus merupakan marka peringatan yang diaplikasikan pertama dan satu-satunya di jalan tol di Indonesia.

Pada sisi education, ASTRA Tol Cipali melakukan sosialisasi keselamatan berkendara maupun himbauan berkendara kepada pengguna jalan secara massif melalui media luar ruang yang tersebar di Spanduk, Variable Message Sign (VMS), dan videotrone baik yang berada di akses maupun di dalam Ruas Tol Cipali. Secara aktif diberikan edukasi kepada masyarakat melalui media sosial twitter dan Instagram @astratolcipali dalam pemberian himbauan untuk selalu tertib berkendara serta sosialisasi terkait dengan berbagai fasilitas layanan yang dimiliki ASTRA Tol Cipali

Agung menambahkan, “Dengan diadakannya program 3E, berdasarkan data yang tercatat, sampai dengan pertengahan November 2020 angka kecelakaan di Tol Cipali mengalami penurunan sebesar 7% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019 sedangkan angka fatalitas menurun sebanyak 75%.”
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2004 seconds (0.1#10.140)