Google Diam-diam Menguntit Anda, Begini Cara Menghentikannya

Senin, 30 November 2020 - 01:32 WIB
loading...
Google Diam-diam Menguntit Anda, Begini Cara Menghentikannya
Suka tidak suka Google secara aktif melacak para penggunanya. Jika tak suka, maka Anda bisa menghentikannya dengan imbas mengurangi kemampuan aplikasi. Foto/Ist
A A A
MOUNTAIN VIEW - Google telah bekerja di hampir setiap aspek kehidupan pengguna perangkat pintar . Jaringan raksasa mesin pencarian ini bekerja pada aplikasi dan layanan yang saling terkait menangkap, berbagi, dan mengandalkan banyak informasi pribadi tentang penggunanya. (Baca juga: DPR-Pemerintah Sepakati 12 DIM RUU Perlindungan Data Pribadi )

Google sanggup melacak riwayat penelusuran pengguna , misalnya, serta lokasi perangkat seluler, iklan dilihat, video ditonton, dan masih banyak lagi yang penggunanya lakukan dengan ponsel, tablet, serta perangkat cerdas lainnya .

Jika mau, Anda dapat mengkonfigurasi Google untuk berhenti menguntit -setidaknya, sebagian besar. Dengan risiko, Anda akan kehilangan manfaat dari semua fitur personalisasi Google.

Cara Menghentikan Google Melacak Pengguna
Apa pun perangkat yang digunakan, Anda dapat menonaktifkan sebagian besar fitur pelacakan Google. Di iPhone, Anda dapat dengan mudah menonaktifkan pelacakan Riwayat Lokasi Google.

Di ponsel Android, kita dapat menonaktifkan Riwayat Lokasi dan pelacakan lokasi untuk seluruh perangkat atau aplikasi individu Anda. Di komputer, Anda juga dapat menonaktifkan Google dari menggunakan setelan Akun Google Anda di browser web.

Apa pun cara yang dipilih untuk menonaktifkan fitur pelacakan Google, Anda biasanya menggunakan pengaturan Akun Google yang sama. Untuk sebagian besar, Google melacak pengguna berdasarkan akunnya, bukan perangkat Anda.

Jadi jika menonaktifkan pelacakan Google menggunakan setelan Aktivitas Web & Aplikasi atau Riwayat Lokasi, Anda mematikan pelacakan di setiap perangkat yang menggunakan Akun Google spesifik tersebut.

Ada pengecualian penting. Di setelan Riwayat Lokasi, Anda dapat mengeklik "Perangkat di akun ini" untuk melihat semua ponsel dan tablet sedang dilacak. Anda dapat memilih untuk tidak mencentang perangkat mana pun untuk menghentikan Google melacaknya. Ini memungkinkan Google melacak beberapa aktivitas Anda, tetapi tidak semuanya.

Google Diam-diam Menguntit Anda, Begini Cara Menghentikannya

Anda dapat secara selektif menghapus perangkat tertentu dari daftar Google. Dave Johnson/Business Insider

Selain itu, Anda dapat menolak izin aplikasi Google tertentu untuk mengakses layanan lokasi ponsel -ini mencegah Google melacak lokasi Anda bahkan jika membiarkan Layanan Lokasi dihidupkan untuk perangkat lain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)