Servis Bugatti Butuh Rp292 Juta, Pria Ini Coba Servis Sendiri

loading...
Servis Bugatti Butuh Rp292 Juta, Pria Ini Coba Servis Sendiri
Houston Crosta selain memiliki Bugatti Veyron juga punya mobil sport lain yakni Ferrari dan Lamborghini. Foto / IST
JAKARTA - Seorang pemilik BugattiVeyron, Houston Crosta memutuskan menservis Bugatti Veyron miliknya tanpa bantuan bengkel resmi Bugatti. Hal itu ditunjukkan oleh Houston Crosta dalam video unggahan miliknya di kanal YouTube. Di video itu Houston Crosta mengatakan untuk mengganti oli Bugatti setidaknya dibutuhkan biaya sekitar USD21.000 atau setara Rp292 juta.

"Saya bukan bangkrut dan tidak punya uang. Tapi video ini sekadar membuktikan rumitnya mengganti oli Bugatti," ujar Houston Crosta. (Baca juga : Uni Eropa Targetkan 30 Juta Mobil Listrik di 2030)




Kebetulan Houston Crosta memang memiliki bisnis di bidang otomotif. Selain menyewakan berbagai mobil sport dan luks, dia juga memiliki bengkel mobil sport. Jadi pria yang membuka usaha di Las Vegas, Amerika Serikat itu sama sekali tidak punya halangan untuk mengganti oli Bugatti miliknya.



Masalahnya menurut Houston Crosta, menservis Bugatti tidak semudah menservis mobil-mobil sport lain. Pertama mereka harus membongkar sebagian badan mobil mulai dari ban, fender liner belakang, dan dek belakang harus dilepas hanya untuk mencapai area yang perlu diakses untuk mengganti oli.

"Dongkrak yang digunakan juga tidak bisa sembarangan karena memang ada dongkrak yang sangat khusus untung mengangkat mobil ini," terang Houston Crosta. (Baca juga : Kisah Pasang Surut Mobil BMW Kebanggaan Elvis Presley)

Kedua mereka juga harus melakukan teknik khusus untuk membuang oli yang ada di Bugatti. Pasalnya saluran oli yang ada di Bugatti bisa dijangkau apabila semua panel body mobil dilepas. Belum lagi dia harus membuka 16 titik saluran oli guna mengeluarkan pelumas tersebut. Masalahnya adalah oli 60W yang digunakan Bugatti tidak mudah keluar. Mereka harus memanaskan bagian kontainer oli agar bisa keluar dengan mudah.



Baca juga:Jangan Biasakan Pakai Onderdil KW, Ini Manfaat Pakai Suku Cadang Asli

"Biasanya Bugatti membutuhkan waktu 27 jam untuk melakukan perawatan berkala. Di sin kami mencoba melakukannya dengan lebih singkat," ucap Houston Crosta.

Yang pasti setelah melakukan perawatan berkala sendiri, Houston Crosta jadi mengerti mengapa biaya perawatan berkala yang dikenakan Bugatti bisa mencapai ratusan juta rupiah. Pasalnya siapa yang mau dan bengkel mana yang ikhlas menghabiskan waktu dan kerepotan hanya untuk melakukan perawatan berkala Bugatti yang super rumit.
(wsb)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top