Solusi IoT Ikut Bantu PMI Tangani Penyebaran COVID-19

Selasa, 12 Mei 2020 - 17:38 WIB
loading...
Solusi IoT Ikut Bantu PMI Tangani Penyebaran COVID-19
Telkomsel berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menjalankan Operasi Penanganan dan Pencegahan COVID-19. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) bareng Telkomsel mengumumkan kolaborasi dalam menanggulangi wabah COVID-19 di Tanah Air. (Baca juga: Setiap Hari Masih Ada Kasus Covid-19, Depok Perpanjang PSBB hingga 26 Mei )

Pada program Operasi Penanganan dan Pencegahan COVID-19 yang diinisiasi oleh PMI, Telkomsel dipercaya menyediakan solusi internet of things (IoT) FleetSight, Telkomsel Order Management System (TOMS), dan Asset Performance Management (APM). Semua fitur itu akan membantu PMI menerapkan pembatasan fisik (physical distancing) dalam pengelolaan kendaraan operasional, penyemprotan disinfektan, serta monitor suhu boks berisi plasma darah pada program penanggulangan COVID-19.

Kolaborasi ini merupakan upaya lanjutan dari Telkomsel yang terus bergerak maju mengambil peran aktif dalam upaya gotong royong bersama seluruh elemen bangsa lainnya, dalam pengendalian pandemik di Tanah Air melalui pemanfaatan teknologi.

Operasi Penanganan dan Pencegahan COVID-19 merupakan inisiatif PMI dalam melakukan upaya mitigasi dan pencegahan dalam menanggulangi penyebaran virus corona, sekaligus memberikan bantuan terhadap fasilitas kesehatan dan tenaga medis. Program tersebut telah berjalan di berbagai daerah sejak Maret lalu.

PMI menjadwalkan program Operasi Penanganan dan Pencegahan COVID-19 akan dilaksanakan selama enam bulan hingga September mendatang di 34 provinsi di Indonesia. "Telkomsel menyambut baik kolaborasi bersama PMI dalam memperkuat upaya kolektif antarlini, sekaligus sangat bangga karena solusi IoT kami dipercaya dalam membantu penanggulangan pandemi COVID-19 di Indonesia," tutur Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro di Jakarta, Selasa (12/5/2020).

Inisiatif ini, lanjut dia, membuktikan pemanfaatan teknologi IoT dapat secara efektif mengurangi keterlibatan manusia, terutama ketika pembatasan fisik sangat diperlukan. Sekaligus menjaga agar aktivitas operasional tetap dapat berjalan tanpa hambatan.

"Kami juga sangat senang, solusi IoT yang kami hadirkan tidak hanya memberikan dampak nyata untuk kepentingan bisnis lintas industri, tapi juga mendukung keberhasilan implementasi penanggulangan bencana seperti yang dilakukan PMI pada program Operasi Penanganan dan Pencegahan Covid-19 ini,” kata Setyanto.

Setyanto mengutarakan, kolaborasi Telkomsel dengan PMI ini sejalan dengan kepedulian perusahaan terhadap kesehatan dan keselamatan masyarakat Indonesia. "Kami pun berkomitmen untuk terus bergerak maju bersama segenap elemen masyarakat Indonesia, dalam menjalankan peran Telkomsel sebagai digital telco company dengan menyediakan solusi-solusi digital yang bisa membantu penanggulangan pandemi COVID-19,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said mengatakan, kerja sama ini merupakan bentuk nyata dari komitmen dan kolaborasi pihak korporasi untuk ikut terlibat dan berpartisipasi dalam upaya penanganan wabah COVID-19.

"Peran teknologi sangat membantu masyarakat dan lembaga tertentu dalam melakukan pencegahan virus corona. Dengan adanya teknologi ini, diharapkan bisa membantu PMI, terutama dalam manajemen kendaraan dan manajemen kegiatan operasional,” ucap Sudirman Said.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2255 seconds (0.1#10.140)