Twitter Beri Label Informasi COVID-19 yang Menyesatkan

Rabu, 13 Mei 2020 - 01:13 WIB
loading...
Twitter Beri Label Informasi COVID-19 yang Menyesatkan
Twitter memperketat berbagi informasi di platform media sosialnya guna mengurangi informasi menyesatkan tentang COVID-19. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Bulan lalu, Twitter menulis tambahan di blog-nya tentang tujuan baru untuk memperluas panduannya pada klaim yang tidak diverifikasi. Sekarang jejaring sosial itu menambahkan senjata baru untuk memerangi informasi menyesatkan dan diperdebatkan, yakni label. (Baca juga: Beredar Undangan Doa Bersama Pengasuh Ponpes di Grahadi, Gubernur: Itu Hoax )
Twitter Beri Label Informasi COVID-19 yang Menyesatkan

"Awal tahun ini, kami memperkenalkan label baru untuk Tweet yang berisi media sintetis dan manipulasi. Label serupa sekarang akan muncul di Tweet yang mengandung informasi berbahaya yang berpotensi menyesatkan terkait dengan COVID-19. Ini juga berlaku untuk Tweet yang dikirim sebelum hari ini," kata Yoel Roth, Kepala Integritas Situs, dan Nick Pickle, Manajer Kebijakan Publik dalam sebuah posting blog yang disitat laman Phone Arena.

Label "Dapatkan fakta tentang COVID-19" akan muncul di bawah tweet yang meragukan, menautkan ke sumber informasi terpercaya tentang topik tersebut. Dalam beberapa kasus, Twitter dapat menambahkan peringatan khusus ke tweet, tergantung pada potensi bahaya dan jenis informasi yang menyesatkan.
Twitter Beri Label Informasi COVID-19 yang Menyesatkan

Konten yang mencurigakan dibagi menjadi tiga kategori utama:
- Informasi yang menyesatkan -pernyataan atau pernyataan yang telah dikonfirmasi salah atau menyesatkan oleh para ahli masalah, seperti otoritas kesehatan masyarakat.
- Klaim yang disengketakan -pernyataan atau pernyataan di mana keakuratan, kebenaran, atau kredibilitas klaim diperdebatkan atau tidak diketahui.
- Klaim yang tidak diverifikasi -informasi (bisa benar atau salah) yang belum dikonfirmasi pada saat dibagikan.
Twitter Beri Label Informasi COVID-19 yang Menyesatkan

Twitter akan mengambil tindakan berbeda berdasarkan kategori ini (lihat tabel kecil di atas). Jejaring sosial itu akan memantau informasi terkait COVID-19 dan menandai konten yang menyesatkan, memprioritaskan tweet dengan visibilitas tinggi.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1340 seconds (0.1#10.140)