Ini Cara Mujarab Mengatasi Aki Soak dengan Jumper Aki

Jum'at, 18 Desember 2020 - 14:04 WIB
loading...
Ini Cara Mujarab Mengatasi Aki Soak dengan Jumper Aki
Banyak orang mengatasi aki soak dengan cara melakukan jumper aki dengan aki kendaraan lain. Foto/Popular Mechanics.IST
A A A
JAKARTA - Kondisi pandemi dan penerapan PSBB seperti saat ini membuat terbatasnya aktivitas masyarakat dan menjadi lebih banyak berada di rumah, menjadikan mobil idle atau tidak digunakan. Kondisi ini berpotensi akan membuat aki mobil menjadi tekor atau ‘soak’ jika mesin mobil tak pernah dihidupkan. (Baca juga : Di Malaysia Penerobos Lampu Merah Bisa Kena 6 Bulan Kurungan )

“Ketika aki mobil sudah ‘soak’ atau tidak lagi mampu menghidupkan mesin dan kelistrikan pada mobil, maka solusi yang paling cepat adalah dengan melakukan jumper aki tanpa harus ke bengkel mobil. Atau teknik mengalirkan listrik dari aki lain yang masih bagus, ke aki mobil yang bermasalah,” jelas Boediarto, Head of After Sales & CS Operation Group PT MMKSI.

Setidaknya dalam kondisi darurat, mobil masih dapat dihidupkan untuk menuju ke bengkel atau tempat yang dituju. Hanya saja tidak sedikit masyarakat yang belum mengerti cara menjumper aki mobil yang tepat dan aman, berikut persiapannya.


Ini Cara Mujarab Mengatasi Aki Soak dengan Jumper Aki

Gunakan Kabel Khusus


Ini merupakan hal yang paling penting, karena Anda harus menggunakan kabel yang memang khusus untuk jumper aki. Hal ini dikarenakan arus listrik pada saat menyalakan mobil sangat tinggi sehingga harus menggunakan kabel dengan kapasitas besar. Kabel jumper relatif mudah didapatkan dan banyak dijual di toko aksesoris mobil.



Ini Cara Mujarab Mengatasi Aki Soak dengan Jumper Aki

Menggunakan Mobil dengan Kapasitas Aki Sama atau Lebih Besar


Berikutnya adalah menggunakan mobil dengan kapasitas aki sama atau lebih besar dari mobil yang Anda gunakan. Yang harus diperhatikan adalah voltase harus sama, misal 12 volt. (Baca juga : Terinspirasi Pesawat Jet Tempur, Pagani Luncurkan Mobil Rp97,4 M )
Ini Cara Mujarab Mengatasi Aki Soak dengan Jumper Aki

Posisikan Mobil Berdekatan

Proses selanjutnya adalah memposisikan kedua mobil agar saling berdekatan hingga kabel jumper bisa menjangkau masing-masing aki, karena umumnya kabel jumper ini tidak terlalu panjang. Anda bisa mengatur posisi mobil berhadapan atau bisa juga bersamping-sampingan. Pastikan juga posisi kedua mobil dalam kondisi aman dengan rem parkir aktif, jika mobil matik, posisikan tuas transmisi di ‘P’ sementara untuk transmisi manual di posisi netral.


Ini Cara Mujarab Mengatasi Aki Soak dengan Jumper Aki

Menghubungkan Kabel Jumper
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)