Ringankan Beban Terdampak COVID-19, XL Axiata Bantu Penyandang Disabilitas

Rabu, 13 Mei 2020 - 18:28 WIB
loading...
Ringankan Beban Terdampak COVID-19, XL Axiata Bantu Penyandang Disabilitas
Head of Sales Greater Medan PT XL Axiata Tbk, Horas Lubis (tengah) didampingi Ketua PFI Medan Rahmad Suryadi (kiri) membagikan sembako kepada penyandang disabilitas di Pertuni, Medan. Foto/ist
A A A
SEMARANG - Para penyandang disabilitas menjadi salah satu kelompok masyarakat yang terdampak pandemik COVID-19. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pun terpanggil dengan menyalurkan bantuan kepada penyandang tunanetra di beberapa kota di Jawa Tengah dan Sumatera.

Bantuan tersebut diserahkan secara bertahap mulai 3 Mei 2020. Untuk penyaluran donasi di area Jawa Tengah, XL Axiata bekerja sama dengan Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) Jawa Tengah.

Sedangkan wilayah penyaluran bantuan disebar di tiga kabupaten, yaitu Sragen, Boyolali, dan Grobogan. Pendistribusian bantuan XL Axiata disesuaikan dengan kebutuhan utama mereka di tengah pandemik berupa bahan makanan. Total ada sekitar 50 orang penyandang disabilitas di ketiga daerah yang mendapatkan bantuan ini.

"Pandemik saat ini beimbas terhadap sebagian besar masyarakat di Indonesia, tidak terkecuali saudara kita para penyandang tuna netra," kata Group Head Central Region XL Axiata, Rd Sofia Purbayanti di Kota Semarang, Jateng, Rabu (13/5/2020).

Dikatakan Sofia, penerapan physical distancing dan stay at home berdampak terhadap berkurang hingga hilangnya mata pencaharian mereka. Sebagian besar dari pekerja informal ini bekerja sebagai tukang pijat, pengamen hingga penjual makanan keliling. "Semoga donasi ini bisa bermanfaat bagi mereka,” imbuhnya.

Perwakilan DPW ITMI Provinsi Jawa Tengah, Hidayat mengatakan, seiring munculnya imbauan untuk menghindari penularan virus Corona sejak pertengahan Maret lalu, permintaan layanan jasa para penyandang tuna netra juga menurun secara drastis. Karena itu, bantuan dari XL Axiata ini sangat membantu kebutuhan keluarga mereka.

Sementara itu, di Sumatera, XL Axiata bekerja sama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, PFI Pekanbaru, dan PFI Palembang memberikan bantuan kepada komunitas penyandang tunanetra melalui Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni). Mereka menyalurkan donasi sembako di ketiga kota pada Jumat (8/5/2020).

Total ada sekitar 200 paket sembako yang dibagikan. Di Medan ada 60 paket, sedangkan di Palembang dibagikan 75 paket, dan di Pekanbaru 65 paket. XL Axiata dan PFI berharap paket sembako yang disalurkan bisa bermanfaat buat anggota Pertuni dan keluarga.

XL Axiata terus berusaha melanjutkan kontribusi dalam mitigasi COVID-19 di Indonesia. Hingga saat ini dukungan untuk bekerja dan belajar dari rumah terus dilanjutkan melalui akses kuota data 2 GB/hari secara gratis.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)