Tangan Bionic Bergerak Layaknya Tangan Sungguhan

Sabtu, 16 Mei 2020 - 21:01 WIB
loading...
Tangan Bionic Bergerak Layaknya Tangan Sungguhan
Tangan Bionic. FOTO/ ist
A A A
LONDON - Perusahaan Open Bionics membuat tangan bionik untuk membantu para disabilitas yang tidak memiliki tangan, khusunya bagian pergelangan dan jari-jari. Tangan bionik ini dapat digerakkan melalui otot-otot tangan layaknya tangan manusia pada umumnya. Tampilannya yang trendi dan nyaman digunakan juga menambah rasa percaya diri penggunanya.

Lahir tanpa anggota tubuh yang lengkap membuat seseorang harus bertanya-tanya, kenapa harus aku? Ungkapan ini sering dikeluhkan oleh sebagian besar orang yang berada pada posisi itu. BACA JUGA; Duo Ducati Scrambler 1100 Series Mulai Tancap Gas

Para ilmuan telah melakukan berbagai penelitian untuk membantu mereka-mereka yang tidak memiliki aggota tubuh lengkap atau disabilitas. Para penyandang disabilitas juga sering mendapat bantuan untuk mendapatkan anggota tubuh sesuai kebutuhan mereka, namun itu kurang sempurna karena tidak dapat bergerak seperti anggota tubuh pada umumnya.

Melihat banyaknya keluhan tersebut, perusahaan berbasis di Inggris Open Bionics membuat robot tangan yang dapat bergerak seperti tangan sungguhan. Robot ini dijuluki Hero Arm atau tangan pahlawan.

Megutip dari laman Open Bionics, Hero Arm merupakan tangan bionik cetakan 3D yang dikendalikan oleh otot dan bersertifikat medis pertama kali di dunia. Hero Arm memiliki fungsionalitas multigrip dan estetika yang lebih disukai oleh penggunanya, ditambah dengan bentuk sesuai dengan keinginan. BACA JUGA; Yamaha Mulai Buka Kembali Dua Pabriknya di Daratan Eropa

Direkayasa dan di produksi di Bristol, Inggris, Hero Arm adalah prostesis mioelektrik yang ringan dan harga cukup terjangkau, antara GBP 8.500 hingga 11.000. Produk ini sudah tersedia di beberapa negara seperti Amerika Serikat (AS), Inggris dan Prancis.

Produk buatan Open Bionics ini dapat digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak yang tidak memiliki tangan dibawah siku. Artinya tidak seluruh bagian tangan dari pundak, melainkan untuk mengganti penggelangan tangan dan jari-jari.

Setiap Hero Arm dibuat khusus menggunakan teknologi pencetakan dan pemindaian 3D. Prostesis kuat dan soket yang nyaman membuatnya mudah disesuikan dengan penggunanya. Hero Arm juga memberikan rongga udara agar mudah di lepas dan nyaman digunakan sesuai dengan saat terbaik atau kebutuhan.

Secara harfiah, Hero Arm membuat setiap penggunanya merasakan hadirnya teknologi di setiap ujung jari. Pengguna dapat dengan mudah menggunakan dan mengontrol tangan bionik dengan ketepatan seperti kehidupan yang intuitif.

Para penciptanya menambahkan sensor khusus untuk mendeteksi pergerakan otot. Mereka juga memberikan penampilan terbaik dengan menambahkan beberapa tombol, lampu, getaran haptic dan lain sebagainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)