Stasiun Pengisian Daya Mobil Listrik Juga Rawan Kebakaran

Minggu, 17 Mei 2020 - 11:01 WIB
loading...
Stasiun Pengisian Daya Mobil Listrik Juga Rawan Kebakaran
Tampak kebakaran yang melanda mobil listrik terekam di stasiun pengisian daya di Dongguan, China. Foto/Ist
A A A
DONGGUAN - Bukan hanya stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) konvensional yang rawan terhadap musibah kebakaran , ternyata stasiun pengisian daya untuk mobil listrik juga sama rawannya.

Hal itu terlihat dari video kejadian pada 8 Mei 2020 yang terekam di stasiun pengisian daya di Dongguan, China. Di mana sebuah mobil listrik terbakar ketika dicolokkan ke pengisi daya -sepertinya pengisi daya cepat DC.

Laman Motor1 melaporkan, tidak ada yang tahu apa penyebabnya. Apakah musibah terkait kendaraan atau pengisi daya, atau sesuatu yang lain.

Seperti yang bisa kita lihat di video, pertama dimulai dengan suara aneh, kemudian asap hitam keluar dan kemudian suara boom. Mobil atau lebih tepatnya baterainya meledak. Setelah kobaran api muncul, jelas bahwa mobil listrik lainnya yang ikut terimbas.

Musibah kebakaran mobil listrik ini membutuhkan lebih dari 40 petugas pemadam kebakaran dan 8 truk pemadam kebakaran untuk menjinakannya.

Menurut beberapa laporan, lima mobil listrik ikut menjadi korban dari kejadian tersebut. Bahkan empat unit terimbas sangat parah.

Penyebabnya bisa jadi ada hubungannya dengan titik pengisian. Akibat kebakaran itu, pemerintah setempat menutup 48 stasiun pengisian (700 stan) untuk memastikan semuanya aman.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2348 seconds (0.1#10.140)