Paten Piaggio Perlihatkan Aero Winglet untuk Keamanan Berkendara

Senin, 18 Mei 2020 - 21:02 WIB
loading...
Paten Piaggio Perlihatkan Aero Winglet untuk Keamanan Berkendara
Winglet dikendalikan oleh pengendara, atau sistem keselamatan otomatis, untuk memberikan downforce atau lift. Fungsi winglet dimaksudkan untuk menstabilkan sepeda motor di bawah tikungan, atau melalui trotoar bergelombang. Foto/ist
A A A
MILAN - Grup Piaggio ingin Anda lebih aman, dan lebih cepat, dengan kekuatan aerodinamis. Paten menunjukkan Piaggio terus bekerja pada sistem aero aktifnya, bermain dengan teknologi yang tampaknya menjadi masa depan kinerja sepeda motor . (Baca juga: GELIS Hadirkan Gerobak Listrik Partama dI Indonesia dan Siap Dijual Bebas )

Paten ini penuh dengan teknologi dan legalitas, tetapi pada dasarnya, Anda punya desain untuk winglet yang dipasang di fairing depan. Winglet dikendalikan oleh pengendara, atau sistem keselamatan otomatis, untuk memberikan downforce atau lift. Fungsi winglet dimaksudkan untuk menstabilkan sepeda motor di bawah tikungan, atau melalui trotoar bergelombang.

Winglet menjadi fitur umum pada superbike, tapi biasanya sudah diperbaiki di tempatnya. Ini berarti keunggulan aerodinamisnya tidak selalu optimal; aero aktif, seperti yang diuraikan dalam paten ini, berubah agar sesuai dengan kondisi berkendara.

Piaggio mungkin sebuah perusahaan kecil dibandingkan dengan raksasa seperti Big Four, tapi itu mereka merupakan salah satu pemimpin dalam sistem keselamatan canggih. Anak perusahaannya Aprilia terus mendorong ke areal tanpa batas dengan jajaran superbike RSV4.

Prototipe RS660-nya membuat gebrakan pada gelaran EICMA di 2018 lalu, ketika itu mengisyaratkan kita akan melihat aero aktif bagi pelanggan pasar massal. Sayangnya, meskipun RS660 sedang masuk dapur produksi 2020, kita masih harus menunggu aero aktif. Aprilia mengatakan, teknologi tersebut baru akan disertakan pada superbike RSV4 generasi terbaru, dan paten ini tampaknya mendukung pernyataan itu.

Piaggio bukan satu-satunya perusahaan yang mengerjakan aero aktif. Internet detleed menemukan paten serupa dari Honda beberapa waktu lalu, dan tidak diragukan BMW, KTM, Kawasaki, Ducati, dan lainnya juga mencari tahu bagaimana memasukkan sistem ini pada superbike masa depan.

Laman Bikeapart melaporkan, publik automotif mungkin akan melihatnya pertama kali di dunia balap, meskipun bos MotoGP membatasi pengembangan aerodinamis akhir-akhir ini untuk menekan biaya.

Pandemik COVID-19 juga banyak berpengaruh untuk pengembangan sepeda motor, dengan pusat R&D ditutup selama berminggu-minggu karena regulasi jarak sosial. Tidak diragukan lagi aere aktif adalah jalan masa depan, tapi kesulitan keuangan yang dialami industri sepeda motor yang dikombinasikan kekhawatiran virus Corona kemungkinan membuat teknologi ini kembali lebih lama untuk kita nikmati.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)