alexametrics

Ragam Fitur Instagram yang Bisa Digunakan Basmi Cyber Bullying

loading...
Ragam Fitur Instagram yang Bisa Digunakan Basmi Cyber Bullying
Manajer Komunikasi Publik Instagram Asia Pasifik, Putri Silalahi, memaparkan, ada beberapa fitur yang bisa digunakan pengguna untuk meminimalisasi perundungan. Foto/Ist
A+ A-
MENLO PARK - Instagram meluncurkan sejumlah fitur serta kampanye untuk meminimalisasi perundungan online (cyber bullying) di platform miliknya. (Baca juga: Pelaku Bullying Bocah Penjual Jalangkote Terancam 3 Tahun Bui)

Dalam talkshow yang digelar secara online, Selasa (19/5/2020), Manajer Komunikasi Publik Instagram Asia Pasifik, Putri Silalahi, memaparkan, ada beberapa fitur yang bisa digunakan pengguna untuk meminimalisasi perundungan.

Fitur pertama yang diluncurkan adalah Guides, di mana kreator bisa mengkurasi konten-konten dengan topik tertentu dan bisa ditemukan dengan mudah oleh pengguna. Dalam peluncurannya, Guides akan fokus pada isu kesehatan mental, terutama semasa pandemik COVID-19.

Instagram bekerja sama dengan startup kesehatan mental Riliv, komunitas anti-perundungan Sudah Dong, dan aktris Ariel Tatum dalam pembuatan konten tentang kesehatan mental dan antiperundungan. Tab Guides ini sudah bisa dilihat di profil Instagram milik @sudahdong dan @arieltatum.



Putri menyebut, pengisi konten Guides hanya berasal dari kreator dan organisasi yang dinilai kredibel. Artinya, tidak semua pengguna bisa mengkurasi konten di Guides.

"Hanya untuk kreator yang kami tahu selama ini membangun kesadaran untuk isu tertenu, tidak direncanakan dibuka untuk semua (pengguna)," tambah Putri seraya mengatakan, kumpulan konten di Guides ini nantinya akan dimunculkan di bagian tab Eksplor agar pengguna lain bisa mudah menemukan konten tersebut.

Kemudian ada manage comment atau atur komentar. Fitur ini membantu pengguna menghapus komentar negatif, memblokir, maupun membatasi hingga 25 akun sekaligus.

Pengguna bisa memakai fitur ini. Caranya dengan menekan ikon tiga titik yang ada di sebelah kanan atas.

Lalu ada pin komentar favorit. Saat ini Instagram menguji coba fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyematkan komentar positif di bagian paling atas dalam unggahan.

Dengan mem-pin komentar positif di bagian paling atas, diharapkan bisa mendorong terciptanya interaksi positif dalam sebuah unggahan.

Terakhir, ada kontrol tag dan mention. Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur siapa saja orang yang bisa melakukan tag atau me-mention mereka di Instagram.
(iqb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak