Tidak Lulus Sekolah, Inilah Penemu Pertama Virus Corona 1964

Sabtu, 18 April 2020 - 17:51 WIB
loading...
Tidak Lulus Sekolah, Inilah Penemu Pertama Virus Corona 1964
June Almeida adalah ilmuwan pertama yang menemukan Virus Corona. FOTO/ Dok Unilad
A A A
LONDON - Beberapa SINDOnews menuliskan bahwa Virus Corona bukanlah sesuatu baru di dunia ini, pasalnya June Almeida, orang pertama yang menemukan virus Corona pada tahun 1964 jauh sebelum tahun 2020.

Seperti dilansir dari nationalgeographic, June Almeida adalah ilmuan pertama yang lahir pada tahun 1930. Setelah meninggalkan sekolah pada usia 16, tanpa pendidikan formal lagi. June memainkan peran penting dalam mengidentifikasinya virus. Prestasi itu semakin luar biasa karena ilmuwan berusia 34 tahun itu tidak pernah menyelesaikan pendidikan formalnya.

June berhasil mendapatkan pekerjaan sebagai teknisi laboratorium di bidang histopatologi di Glasgow Royal Infirmary. Dari sana, kariernya meningkat pesat, dengan menjadikannya ahli virus terkenal di dunia.

June, yang tumbuh di sebuah bangunan petak di timur laut Glasgow, Skotlandia, adalah putri seorang sopir bus, kemudian pindah ke London, Ingrris, di mana ia terus bekerja dalam histopatologi di Rumah Sakit St Bartholomew, tulis British Medical Journal.

Setelah menikah dengan artis Venezuela Enriques Almeida pada tahun 1954, pasangan ini beremigrasi ke Kanada, di mana June mendapatkan pekerjaan sebagai teknisi mikroskop elektron di Toronto Cancer Institute Toronto.

Meskipun dia tidak memiliki ijazah formal, bakat ilmiah June yang luar biasa segera menjadi jelas. Berbicara dalam Drivetime di Radio BBC Skotlandia, penulis medis George Winter menjelaskan bagaimana Juni dibujuk untuk kembali ke London untuk bekerja di St Thomas’s Hospital Medical School, rumah sakit yang sama di mana Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson baru-baru ini dirawat karena virus corona.

Di sinilah June berkolaborasi dengan dr. David Tyrrell yang telah mempelajari pencucian hidung dari sukarelawan sebagai bagian dari penelitiannya tentang flu biasa. Timnya menemukan bahwa mereka dapat menumbuhkan beberapa virus yang berhubungan dengan flu biasa, tetapi tidak semua.

Satu sampel khusus – dikenal sebagai B814 – diambil pada tahun 1960 dari pencucian hidung murid sekolah asrama dari Surrey. Tim menemukan gejala flu biasa dapat ditularkan ke sukarelawan mereka. Namun, itu tidak bisa tumbuh dalam kultur sel rutin.

Dengan penelitian sukarela yang menunjukkan bagaimana itu dapat tumbuh dalam kultur organ, dr. Tyrrell bertanya-tanya apakah sampel dapat diperiksa di bawah mikroskop elektron. Suatu bidang di mana June telah mengembangkan keahlian yang luar biasa.

Setelah dikirimi sampel, June dapat melihat partikel virus di dalam spesimen, yang ia gambarkan mirip dengan – tetapi tidak persis seperti – virus influenza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)