Membandingkan Situs Mitra Kartu Prakerja dan Website Tandingannya

Kamis, 21 Mei 2020 - 15:45 WIB
loading...
Membandingkan Situs Mitra Kartu Prakerja dan Website Tandingannya
Situs tandingan platform pelatihan online Kartu Prakerja, Prakerja.org mengkrtik pemerintah dengan memberikan kursus gratis di website-nya. Foto/Fikri Kurniawan/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Program Kartu Prakerja yang diinisasi Presiden Joko Widodo terus menuai kritik sejak resmi diluncurkan pada April 2020 lalu. Selain dianggap mahal, materi dalam program ini juga ikut disoal. (Baca juga: KPK Bidik Proyek Kartu Prakerja )

Rata-rata kritikan yang muncul menyoroti tentang efektivitas pelatihan daring tersebut. Plus mahalnya biaya pelatihan, padahal berisi materi yang bisa diakses secara gratis di internet.

Demi mendapat pelatihan di situs Prakerja.go.id buatan pemerintah, peserta harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dari jauh-jauh hari dengan melampirkan sejumlah persyaratan. Artinya, tidak semua masyarakat dapat mengakses pelatihan dari situs itu.

Berangkat dari kekecewaan tersebut, muncul situs tandingan dari Kartu Kerja, yakni Prakerja.org . Situs ini menawarkan pelatihan gratis yang bisa diakses kapan pun oleh masyarakat yang membutuhkan.

“Prakerja.org adalah bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program Kartu praKerja. Lihat manifesto lengkap kami. Anda bisa bergabung dalam aksi nyata dengan menghubungi kami,” tulis Prakerja.org dalam laman resminya.

Selain tidak dipungut biaya sama sekali, perbedaan lain dari situs tandingan ini adalah untuk mengaksesnya masyarakat tidak perlu repot-repot mendaftarkan diri. Tinggal buka situsnya, pelatihan sudah bisa diakses dalam bentuk video secara cuma-cuma.

Terdapat lima kategori pelatihan yang bisa dipilih oleh masyarakat dari situs ini. Yaitu Wirausaha, Pengembangan Diri, Bisnis & Keuangan, Teknologi, dan Bisnis Digital.

Selain itu, situs tandingan ini juga mengajak siapapun untuk berkontribusi menyediakan pelatihan yang akan ditampilkan di dalamnya. “Semua informasi yang terdapat di Prakerja.orgbersifat pendidikan, tidak diperuntukan sebagai keperluan komersial. Pemegang hak atas kekayaan intelektual seluruh konten pendidikan dalam Prakerja.orgadalah milik masing-masing pencipta konten (author/creator),” tulisnya lagi.

Tidak hanya itu, Prakerja.org juga menyediakan pelatihan dari secara langsung melalui live streaming. Pelatihan yang diberikan narasumber atau trainer ini sudah terjadwal, dan diselenggarakan lewat IG live maupun Zoom Meeting.

Sangat Mudah Diakses dan Gratis
Pengelola situs mengklaim bahwa website yang mereka kelola mudah diakses dengan beragam pelatihan. Saat SINDOnews mengaksesnya, apa yang disampaikan mereka memang benar adanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)