Tidak Boleh Mudik, Pembelian Mobil Ramadhan 2020 Turun

Kamis, 21 Mei 2020 - 20:01 WIB
loading...
Tidak Boleh Mudik, Pembelian Mobil Ramadhan 2020 Turun
Pelayanan dealer mobil bekas. FOTO/ DOK/ SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bulan Ramadhan biasanya menjadi momentum peningkatan penjualan mobil, menyusul adanya penerimaan Tunjangan Hari Raya bagi sebagian besar karyawan serta kebutuhan masyarakat akan moda transportasi pribadi menuju kampung halaman untuk mudik.

Namun kondisi yang berbeda harus terjadi pada bulan Ramadhan tahun ini. Menurut data internal dari OLX menunjukkan adanya penurunan jumlah permintaan mobil di platform OLX. Baca Juga: Perlu Tindakan Khusus, Indonesia Memasuki Puncak Bencana COVID-19

Penurunan permintaan tersebut mencapai sekitar 40% pada minggu pertama bulan Ramadhan (23 April 2020) dibandingkan data pada 5 Maret 2020, beberapa hari setelah kasus COVID-19 pertama di Indonesia diumumkan pemerintah. Pada periode yang sama, data juga menunjukkan adanya penurunan sekitar 30% pada jumlah listing mobil di OLX.

Direktur Marketing OLX Indonesia Ichmeralda Rachman, mengatakan, penurunan ini memang sudah diduga akan terjadi di tengah kondisi perekonomian sebagian besar masyarakat yang terpukul akibat pandemi ini.

Menurunnya daya beli masyarakat dan berubahnya prioritas masyarakat untuk pembelian barang tersier seperti mobil menjadi beberapa penyebab menurunnya jumlah permintaan atas mobil di platform OLX.

Ia memperkirakan, dengan adanya ketidakpastian ekonomi ini akan terus terjadi sepanjang sisa bulan Ramadhan 2020.

"Situasi ini berbeda dengan Ramadan 2019 lalu dimana jumlah permintaan terus meningkat hingga minggu ketiga Ramadan. Sejalan dengan jumlah permintaan, jumlah listing pada Ramadhan tahun lalu juga sempat mengalami peningkatan dan relatif stabil selama bulan Ramadan 2019,” katanya dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (21/5/2020). Baca Juga: Yamaha NMax Roda Tiga 'Tricity' Siap Meluncur

Meski terjadi tren penurunan pada jumlah listingdan jumlah permintaan pada tipe-tipe mobil, namun tipe mobil MPV dari brand mobil Jepang masih menjadi mobil yang paling dicari oleh pengguna OLX.

Toyota Avanza dan Toyota Innova masih menjadi dua merek mobil teratas pilihan para pengguna, disusul oleh Honda Jazz dan Daihatsu Xenia. Preferensi merek mobil ini konsisten sebelum dan semasa pandemi COVID-19 ini.

Menariknya, meski secara umum permintaan atas mobil terus mengalami penurunan setelah pengumuman kasus COVID-19 pertama di Indonesia.

Merek roda empat seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia mengalami penurunan permintaan sekitar 50%-60% hingga minggu pertama bulan Ramadan 2020, permintaan atas mobil mewah, seperti Toyota Fortuner, Toyota Alphard dan Mitsubishi Pajero Sport hanya mengalami penurunan sekitar 30%.

“Pandemi ini memang banyak memukul kelas menengah sehingga memang tipe mobil keluarga pilihan kelas
menengahlah yang mengalami penurunan permintaan cukup signifikan,” tandasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3874 seconds (0.1#10.140)