Teknologi Pelacakan Virus Corona Apple dan Google Sudah Siap Digunakan

Jum'at, 22 Mei 2020 - 09:57 WIB
loading...
Teknologi Pelacakan Virus Corona Apple dan Google Sudah Siap Digunakan
Perangkat lunak pelacakan virus Corona yang digarap Apple dan Google telah siap digunakan demi memutus rantai penyebaran COVID-19. Foto/Ist
A A A
MOUNTAIN VIEW - Versi pertama perangkat lunak pelacakan COVID-19 dari Apple dan Google sekarang telah tersedia. Software akan digunakan untuk memperingatkan orang-orang yang mungkin telah berada di lingkungan pasien COVID-19. (Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Dinilai Bahayakan Perangkat Pengguna )

Laman Phone Arena menyebutkan perangkat lunak ini menggunakan pelacakan kontak, yang digunakan oleh otoritas kesehatan untuk melacak orang-orang yang mungkin telah terpapar pasien terinfeksi. Dengan mengidentifikasi orang yang terinfeksi dan mengkarantina mereka, pemerintah mencoba untuk menahan infeksi.

Melalui teknologi ini, pemerintah tidak lagi harus bergantung pada ingatan orang untuk proses pelacakan tersebut. Dan di sinilah Apple dan Google masuk untuk memberikan sumbangsihnya.

Mereka ingin menambah pelacakan kontak manual dan membantu memperlambat penyebaran corona Virus. Teknologi mereka secara khusus dapat membantu mengidentifikasi pasien tanpa gejala yang berinteraksi dengan orang lain, tanpa mengetahui fakta bahwa mereka telah tertular virus.

Teknologi ini adalah opt-in dan berbasis Bluetooth. Ponsel pintar dari pengguna yang mengaktifkan teknologi akan menyiarkan secara acak, sering kali mengubah kunci dan jika seseorang kemudian melakukan tes positif terhadap virus Corona, telepon mereka akan mencantumkan pengidentifikasi yang ditemui.

Pengguna yang sesuai kemudian akan diberi tahu bahwa mereka telah melakukan kontak dengan seseorang yang telah dites positif. Mereka kemudian dapat diuji dan masuk ke karantina jika diperlukan. Kunci pun tidak dapat dilacak kembali ke pengguna individu dan sistem terdesentralisasi.

Upaya independen oleh negara untuk membuat aplikasi serupa sebagian besar gagal. Kolaborasi antara kedua raksasa akan menangani masalah besar, yakni ketidakmampuan ponsel untuk saling mendeteksi. Itu karena teknologi pemberitahuan eksposur berfungsi di iPhone dan Android.

Apple dan Google Janji Tidak akan Mengembangkan Aplikasi
Teknologi pemberitahuan paparan Apple dan Google sekarang tersedia untuk otoritas kesehatan, sehingga mereka dapat membuat aplikasi dengan mudah. iOS dan Android semakin diperbarui untuk kompatibilitas dengan aplikasi ini.

Banyak negara bagian AS dan 22 negara telah menunjukkan minat terhadap alat ini. Kedua raksasa teknologi belum menggunakan GPS untuk melindungi privasi orang dan beberapa pemerintah berpikir bahwa ini dapat merusak tujuan dari proses pelacakan kontak.

Keberhasilan teknologi sebagian besar akan bergantung pada adopsi pengguna. Kedua perusahaan percaya bahwa langkah-langkah perlindungan privasi yang telah mereka lakukan akan mendorong penggunaan aplikasi pelacakan kontak.

Dakota Utara, Alabama, dan Carolina Selatan di AS, dan Jerman sudah menyatakan minatnya. Mereka akan menggunakan teknologi Apple dan Google untuk membuat aplikasi. Prancis dan Inggris, di sisi lain, tidak terlalu tertarik menggunakan API. Teknologinya sendiri dijanjikan akan dinonaktifkan oleh keduanya setelah pandemik selesai.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)