Aplikasi-Aplikasi Ini Bikin Lebaran Virtual Anda di Rumah Makin Kece

loading...
Aplikasi-Aplikasi Ini Bikin Lebaran Virtual Anda di Rumah Makin Kece
Sejumlah aplikasi di dunia maya bisa Anda gunakan untuk merayakan Idul Fitri secara digital atau Lebaran Virtual di rumah semakin mengasyikan. Foto/Dok SINDOnews
JAKARTA - Hari Idul Fitri atau Lebaran tahun ini akan terasa berbeda. Istilah new normal itu benar adanya. (Baca juga: Ini Dasar Muhammadiyah Tak Dirikan Salat Tarawih dan Salat Idul Fitri)

Jika biasanya saat Lebaran ada tradisi mudik, hingga mengunjungi rumah sanak saudara dan kolega, kini rutinitas tersebut tidak bisa dilakukan. Adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa wilayah dan juga penerapan social distancing guna memutus rantai penyebaran virus corona, membuat banyak orang tak punya pilihan lain selain bersilahturami dengan menggunakan teknologi.

Berikut sejumlah aplikasi dan layanan digital yang SINDOnews rangkum untuk dapat dimanfaatkan bersilahturahmi menjelang Hari Idul Fitri 1441 Hijriah.

1. Panggilan video atau video call
Saat ini bersilahturahmi tidak dapat dilakukan secara tatap muka, tapi dengan teknologi bernama video call Anda tetap bisa meghubungi orang terkasih yang terpisah jarak.



Berbagai macam pilihan aplikasi maupun fitur video call bisa Anda gunakan. Jika video call hanya dilakukan kurang dari 10 partisipan, Anda bisa gunakan fitur video call pada layanan pesan WhatsApp. Baru-baru ini WhatsApp memperbarui aplikasinya untuk bisa gunakan oleh 8 orang pastisipan dalam sekali panggilan.

Namun, jika silahturahmi dilakukan dengan jumlah partisipan yang lebih banyak, Anda bisa menggunakan Google Duo. Bulan lalu bahkan Google telah meningkatkan jumlah orang yang dapat terlibat dalam panggilan video dari delapan menjadi 12 orang.

Selain itu, terdapat Zoom untuk mengadakan Lebaran virtual dengan jumlah peserta lebih banyak. Namun perlu diingat bahwa batasan untuk panggilan grup bagi pengguna reguler Zoom hanya 40 menit.



Baru-baru ini, platform pesan instan LINE juga menambah kapasitas peserta panggilan video hingga 200 orang, bisa menjadi pertimbangan jika ingin melakukan video call dengan lebih banyak orang.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top