Rekor Internet Tercepat, Unduh 1.000 Film HD hanya 1 Detik

Minggu, 24 Mei 2020 - 14:46 WIB
loading...
Rekor Internet Tercepat, Unduh 1.000 Film HD hanya 1 Detik
Periset Monash University, Swinburne University, dan RMIT University berhasil menciptakan kecepatan internet hingga 44,2 terabits per detik. Foto/Ist
A A A
MELBOURNE - Rekor internet tercepat di dunia kembali dipecahkan. Kecepatannya mencapai 44,2 terabits per detik. Artinya, kecepatan tersebut memungkinkan penggunanya mengunduh 1.000 film berkualitas HD hanya dalam waktu 1 (satu) detik. (Baca juga: Jaringan XL Axiata Siap Layani Kebutuhan Telekomunikasi Lebaran )

Rekor internet tercepat itu berhasil dipecahkan berkat kolaborasi antara Monash University, Swinburne University, dan RMIT University. Periset di Australia itu menggunakan chip optikal yang di dalamnya terdapat ratusan laser infra merah untuk transfer data.

Sebagai perbandingan, kecepatan unduh rata-rata internet di Australia saat ini sekitar 43,4 Mbps. Angka tersebut sekitar satu juta kali lebih lambat dibandingkan rekor yang telah ditemukan.

Bill Corcoran dari Monash University, mengatakan, ada kemungkinan teknologi yang ditemukannya ini bisa dikomersialkan. Sebab, teknologi tersebut bisa bermanfaat untuk berbagai teknologi yang ada saat ini.

“Saya kira kita bisa menyaksikan perangkat seperti milik kami tersedia di laboratorium riset dalam waktu dua atau tiga tahun ke depan, dan menjadi komersial sekitar 5 tahun lagi," jelas Corcoran, dikutip dari Independent, Minggu (24/5/2020).

Selain itu, hasil temuan yang telah dipublikasikan di jurnal Nature Communications ini sudah dirancang sedemikian rupa, agar cocok dengan infrastruktur fiber optik yang sudah ada sekarang.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)