NASA Beri Lampu Hijau untuk Penerbangan Bersejarah Pada 27 Mei

Senin, 25 Mei 2020 - 10:04 WIB
loading...
NASA Beri Lampu Hijau untuk Penerbangan Bersejarah Pada 27 Mei
NASA melihat masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh SpaceX. Tetapi mereka memutuskan tidak ada masalah besar yang menghalangi peluncuran. Foto/Spacenews
A A A
JAKARTA - Setelah beberapa kali melakukan tinjauan intensif, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memberi memberi lampu hijau untuk peluncuran dua astronot di atas kapal SpaceX . (Baca juga: Astaga, Roket Falcon 9 SpaceX Meledak di Atas Samudera Atlantik! )

Saat pemeriksaan terakhir, masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh SpaceX. Tetapi para pejabat memutuskan tidak ada masalah besar yang menghalangi peluncuran.

Pemeriksaan terakhir ini dilakukan selama beberapa hari terakhir setelah pesawat ruang angkasa Dragon dipasang di atas roket Falcon 9. Nah Falcon 9 ini yang akan membawanya ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Jadwal peluncuran pada 27 Mei secara resmi akan dimulai pada pukul 16.33 EDT. Sementara Falcon 9 yang membawa Crew Dragon akan lepas landas dari Kennedy Space Center di Florida, demikian dikutip dari TechCrunch, Senin (25/5/2020)

Di dalamnya akan ada astronot NASA Doug Hurley dan Bob Behnken, astronot pertama yang dibawa naik pesawat ruang angkasa pribadi buatan AS dan manusia pertama yang diluncurkan ke luar angkasa dari tanah AS sejak akhir program Space Shuttle pada 2011.

Misi ini akan melibatkan Behnken dan Hurley meluncur ke luar angkasa, kemudian bertemu dengan ISS di Crew Dragon, yang secara mandiri berlabuh dengan stasiun jika semua berjalan sesuai rencana.

Para astronot kemudian akan tinggal di stasiun dan berkontribusi pada pekerjaannya sebagai anggota kru hingga tiga bulan sebelum kembali ke Bumi. Kru Komersial menjadi upaya NASA untuk mengembangkan kemitraan publik-swasta dengan perusahaan untuk membantu membiayai pengiriman orang ke luar angkasa dari AS.

Akhir dari misi ini akan melibatkan Crew Dragon yang lepas dari Stasiun Luar Angkasa dengan para astronot di dalamnya. Mereka melakukan re-entry dan di lepas ke laut, di mana mereka akan dijemput oleh awak pemulihan SpaceX.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)