Kawanan Sapi Jadi Penyebab Gangguan di Pusat Data Google

Rabu, 27 Mei 2020 - 10:31 WIB
loading...
Kawanan Sapi Jadi Penyebab Gangguan di Pusat Data Google
Senior Vice President of Technical Infrastructure Google, Urs Hölzle menuturkan, kabel optik super cepat mereka beberapa kali mengalami masalah kehilangan sinyal. Ternyata hal itu disebabkan oleh kawanan sapi. Foto/Ist
A A A
MOUNTAIN VIEW - Mengelola infrastruktur untuk memastikan layanan dengan miliaran pengguna memang menjadi tantangan tersendiri bagi Google . Belum lama ini sistem kabel mereka mengalami masalah yang memengaruhi pusat data perusahaan. (Baca juga: Pria India Gugat Google Maps Karena Picu Masalah Pernikahan Serius )

Lucunya, setelah diselidiki, ternyata penyebabnya bukan manusia atau gangguan dari pihak luar, melainkan dari segerombolan sapi.

Dalam unggahan di Twitter, Senior Vice President of Technical Infrastructure Google, Urs Hölzle menuturkan, kabel optik super cepat mereka beberapa kali mengalami masalah kehilangan sinyal.

Kabel yang melewati negara bagian Oregon tersebut, digantung di samping kabel listrik bertegangan tinggi. Biasanya jika terjadi kendala disebabkan karena badai, pohon tumbang, es dan pemburu yang kerap merusak kabel.

Namun, tidak ada satu pun dari skenario itu yang menjadi penyebab dari masalah yang terjadi belakangan. Setelah dilakukan investigasi lebih lanjut ternyata terganggunya koneksi, karena kawanan sapi yang sedang merumput menginjak dan menekuk kabel yang jatuh.

Hölzle tidak menyebutkan apakah masalah ini cukup serius. Sehingga berkontribusi pada tumbangnya layanan Google di pengguna.

Pusat data Google di The Dalles, Oregon itu menjalankan Gmail, Drive, dan lainnya. Ada juga wilayah Google Cloud di Oregon yang dapat diakses oleh pelanggan perusahaan. Saat ini ada 13 pusat data di Amerika Serikat dan delapan lainnya di Amerika Selatan, Eropa, dan Asia, demikian dikutip dari 9to5Google, Rabu (27/5/2020).

Twitter Quote:
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3267 seconds (0.1#10.140)