Huawei Sediakan Teknologi untuk Membantu Masyarakat dalam Penanganan Covid-19

Rabu, 18 Agustus 2021 - 19:58 WIB
loading...
Huawei Sediakan Teknologi untuk Membantu Masyarakat dalam Penanganan Covid-19
Huawei sebagai perusahaan ICT terkemuka turut ambil bagian dalam memberikan layanan teknologi Cloud, AI, dan 5G untuk membantu memerangi pandemi.
A A A
JAKARTA - Sudah lebih setahun masyarakat Indonesia dan dunia berjuang memerangi pandemi Covid-19 yang berdampak pada semua sektor. Banyak pelajaran berharga dari pandemi ini, terutama tentang betapa pentingnya menjaga kesehatan serta memacu diri untuk terus berinovasi demi pemulihan ekonomi.

Huawei sebagai perusahaan ICT terkemuka turut ambil bagian dalam memberikan layanan teknologi Cloud, AI, dan 5G untuk membantu memerangi pandemi, serta mendorong pemulihan ekonomi. Beberapa tahun yang lalu, Huawei telah melakukan riset untuk menunjukkan bahwa transformasi digital akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Business Development Director Huawei Cloud Indonesia Usman Niandinata mengungkapkan, Huawei dengan layanan teknologi yang dimilikinya akan sangat membantu untuk mempercepat pemulihan pascapandemi.

“Kami percaya, teknologi 5G + Cloud + AI akan menjadi kunci ekonomi digital dan yakin bahwa pandemi tak menghentikan pengembangan ketiga teknologi tersebut, tetapi justru sebaliknya. Huawei pun setuju kalau teknologi 5G + Cloud + AI adalah komponen utama dari transformasi digital,” katanya.

Hebatnya lagi, ketiga teknologi ini mulai merambah dunia kesehatan, dimana kesehatan kini menjadi hal krusial karena adanya pandemi ini.

“Kalau kita melihat kaitannya dengan pandemi seperti saat ini, tentu saja industri kesehatan menjadi salah satu yang bisa memanfaatkan teknologi digital saat ini. Teknologi ini digunakan untuk memberikan akses kesehatan kepada masyarakat luas, serta mempermudah orang mendapatkan akses kesehatan dan mendukung program pemerintah PPKM,” tutur Usman dalam Webinar yang bertajuk ‘Penanggulangan Covid-19 di Negara Sahabat’ yang digelar pada Selasa (17/08/2021).

Usman Niandinata hadir bersama para narasumber lainnya yaitu Duta Besar RI untuk Singapura H.E. Suryo Pratomo, Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya, dan Konsul Jendral RI di New York. Dalam diskusi yang dipandu Pimred sindonews.com dan KORAN SINDO Djaka Susila tersebut, Usman Niandinata menyampaikan kisah bagaimana teknologi turut berperan serta dalam memerangi pandemi Covid-19 di kota Wuhan, Tiongkok.
Huawei Sediakan Teknologi untuk Membantu Masyarakat dalam Penanganan Covid-19

Business Development Director Huawei Cloud Indonesia Usman Niandinata. (Foto: Okezone)

Diutarakan Usman lebih lanjut, penanganan pemerintah China di Wuhan sangat cepat dalam membangun rumah sakit hanya beberapa minggu saja. Padahal membangun rumah sakit tak hanya membangun gedung secara fisik, tetapi juga menghadirkan perangkat-perangkat kesehatan di dalamnya.

Di sinilah teknologi 5G + Cloud + AI memainkan perannya. Ketiga teknologi tersebut menyiapkan semua koneksi, menyediakan konektivitas sistem yang andal dalam memberikan informasi perawatan kesehatan yang masif dengan sangat cepat menggunakan 5G, menyimpan data, dan memprosesnya dengan teknologi AI di cloud.

Pada April 2020, Huawei mencoba memberikan teknologi dalam bentuk CSR, di mana dengan menggunakan teknologi ini dapat mendeteksi seseorang apakah sudah terinfeksi Covid-19 atau tidak melalu hasil CT-Scan paru-parunya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1112 seconds (0.1#10.140)