alexametrics

Warning! Jangan Pernah Nyomot Wallpaper Ini untuk Ponsel Anda

loading...
Warning! Jangan Pernah Nyomot Wallpaper Ini untuk Ponsel Anda
Tampak gambar wallpaper yang bermasalah. Gambar ini jika diuduh bisa berdampak buruk terhadap ponsel cerdas Anda. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Ponsel cerdas rentan terhadap serangan dan serangan ini bisa dalam bentuk apa pun. Pekan lalu, ada laporan ponsel Samsung di China "mogok". Yang lainnya mengalami crash, restart konstan, serta layar barubah hitam. (Baca juga: Pembaruan Terbaru Akhirnya Pecahkan Masalah Fokus Otomatis Galaxy S20 Ultra)

Situasi tak menyenangkan di China terkait pengaturan kalender untuk bulan lunar pada bulan April atau kalender China. Menurut layanan pelanggan Samsung, setelah memutakhirkan telepon, tidak ada jaminan bahwa data Anda akan tetap tersedia.

Sekarang, laman Phone Arena menyebutkan, ada situasi yang sama sekali baru dan tidak terbatas pada handphone di China atau perangkat bermerek Samsung. Baru-baru ini, beberapa netizen berbagi foto pemandangan alam hasil bidikan Nikon D850 (6144 x 3950, 4,67MB) di Internet.



Sejumlah besar pengguna Samsung memberikan umpan balik. Mereka mengatakan, jika Anda mengaturnya sebagai wallpaper ponsel Samsung, maka itu akan menyebabkan sistem ponsel crash dan layar akan mulai berkedip tanpa batas. Beberapa pengguna mengklaim ponsel Google Pixel juga menunjukkan masalah yang sama.

Anda jangan menganggap ini sebagai lelucon karena kenyataannya memang sudah menimbulkan masalah bagi beberapa smartphone berbasis Android. Menurut akun Weibo dan Twitter dari leakster populer, Ice Universe, aspek berbahaya dari gambar tersebut terhubung dengan gamut warna.

“Ketika saya mencoba mengunggah gambar asli (kiri) ke Weibo, saya menemukan bahwa warnanya berubah (kanan). Pada saat ini, gambar menjadi tidak berbahaya, tetapi ketika diunggah ke twitter, gambar aslinya masih tidak berubah warna, masih berbahaya. Jadi saya curiga ini mungkin berhubungan dengan gamut warna. Dengan kata lain, Weibo melakukan beberapa pemrosesan pada gambar dan menangani bahan-bahan berbahaya. Tetapi mekanisme Twitter untuk memproses gambar berbeda dari Weibo,” kata Ice Universe.

Tampaknya wallpaper dalam bentuk aslinya berbahaya bagi ponsel Android. Namun, jika pengguna melakukan semacam kompresi, gambar menjadi tidak berbahaya.

Solusi yang Memungkinkan
Jika Anda terlanjut mengunduhnya dan terjadi kerusakan, setelah telepon dinyalakan kembali, Anda dapat mencoba menarik turun bilah notifikasi pada antarmuka layar kunci dan dengan cepat mengatur pengaturan. Sebelum memulai kembali, ganti wallpaper dengan cepat.

Atau bisa juga dengan mencoba masuk ke mode aman (ketika telepon mati, tekan -tombol daya- untuk menghidupkan, ketika layar Logo Samsung muncul di halaman awal, terus tahan tombol volume turun sampai kata "mode aman" ditampilkan di sudut kiri bawah). Setelah masuk, cepat, ambil gambar, lalu atur sebagai wallpaper. Mungkin diperlukan beberapa kali percobaan untuk berhasil.

Bila Anda tak percaya, coba saksikan tweet di bawah ini untuk melihat ponsel yang terdampak setelah menggunakan gambar yang dimaksud sebagai wallpaper.
(iqb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak