Astronot NASA Bawa Boneka Dinosaurus ke Luar Angkasa , Buat Apa?

Selasa, 02 Juni 2020 - 16:01 WIB
loading...
Astronot NASA Bawa Boneka Dinosaurus ke Luar Angkasa , Buat Apa?
boneka dinosaurus dengan payet berwana biru mengkilap lah yang ada di dalam kapsul yang ditumpangi para astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley. FOTO/ IST
A A A
CALI - Seorang penumpang gelap menyusup ke dalam misi pertama SpaceX untuk meluncurkan astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Hal itu terungkap kamera di dalam kabin beberapa jam setelah peluncuran pada Sabtu (20/5) waktu setempat. Bukan manusia, melainkan boneka dinosaurus dengan payet berwana biru mengkilap lah yang ada di dalam kapsul yang ditumpangi para astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley. Baca Juga : Bayangan Nissan Z Series Generasi Terbaru Gentayangan

"Kami benar-benar memiliki satu penumpang gelap di atas kendaraan kami ketika kami meluncur. Bukan hanya Doug dan saya yang menyelesaikan peluncuran di sini," kata Behnken, berbicara tentang penampakan boneka dinosaurus itu dikutip dari laman Space, Selasa (2/6/2020). Baca Juga : Suzuki GSX-R 125 Resmi Meluncur, Teknologi Samai Kakaknya

Keduanya bahkan meminta pendapat kedua anak laki-laki nya untuk memilih mainan mana yang perlu mereka bawa ke luar angkasa. Dan pilihannya jatuh kepada 'Tremor', boneka dinosaurus jenis Apatosaurus itu.

Mainan ini bukan untuk menjadi obat kangen para astronot. Rupanya, mainan ini dibutuhkan untuk indikator jika astronaut sudah masuk ke gravitasi nol. Mainan ini akan melayang dengan sendirinya.

Indikator Zero-g adalah tradisi yang berasal dari orang pertama yang terbang ke luar angkasa, kosmonot era Soviet Yuri Gagarin, yang meluncur dengan boneka kecil di atas wahana Vostok pada tahun 1961.

Dalam beberapa dekade sejak itu, Rusia dan anggota kru internasional lainnya meluncurkan pesawat ruang angkasa dengan mainan kecil yang mereka bawa, yang berfungsi sebagai isyarat visual untuk gayaberat mikro.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)