alexametrics

China Bakal Mulai Perburuan Alien September Mendatang

loading...
China Bakal Mulai Perburuan Alien September Mendatang
Teleskop FAST yang digunakan peneliti untuk mulai perburuan Alien. FOTO/IST
A+ A-
BEIJING - China akan memulai pencarian kehidupan di luar Bumi dengan mulai memburu Alien yang akan dilakukan pada September mendatang.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh kepala ilmuwan Search for Extraterrestrial intelligence (SETI), Zhang Tongjie.

Teleskop raksasa yang diberi nama Five Hundred Meter Aperture Spherical Telescope (FAST) akan secara resmi memulai perburuan Alien di akhir tahun ini, demikian dikutip dari laman South China Morning Post, Kamis (4/6/2020). BACA JUGA - Toyota Pastikan Kelahiran Generasi Terbaru Fortuner 2020



Teleskop tersebut mulai dibuat pada 2011, dan selesai 2016. FAST berlokasi di Kabupaten Pingtang, Provinsi Guizhou, China.

Teleskop ini memiliki diameter 500 meter. Namun, hanya bisa fokus pada segmen 300 meter di saat tertentu.BACA JUGA - Fenomena Alam Jumat Ini, Langit Akan Dihiasi Warna-Warni Centil

FAST sendiri secara resmi sudah beroperasi sejak Januari lalu dan dibuka untuk para astronom di seluruh dunia.

Pada bulan Maret, para ilmuwan SETI menerbitkan sebuah makalah penelitian yang menyimpulkan hasil observasi awal mereka dengan FAST.

Dari hasil penelitian tersebut salah satu yang ditemukan mengenai cara meningkatkan kemampuan teleskop untuk menghilangkan interferensi frekuensi radio di Bumi.

Selain itu, observasi tersebut juga mengindentifikasi adanya sinyal ET dengan narrowband yang kemungkinan berasal dari kehidupan lain di luar angkasa. Teleskop FAST saat ini sedang dalam peningkatan kemampuan.

Maret lalu, Zhang mengatakan akan melakukan pemeriksaaan lebih lanjut untuk mengetahui sinyal mana yang benar-benar berasal dari makhluk luar angkasa.

Zhang memastikan, pencarian kehidupan lain di luar Bumi tidak akan mengganggu penelitian ilmiah normal yang menggunakan FAST. Misalnya saja, menemukan pulsar atau pancaran sinyal antar bintang yang akan menunjukkan awal pembentukan alam semesta.

Namun, jika ada sinyal radio alien atau cukup dekat dengan Bumi untuk bisa ditangkap, pekerjaan FAST akan meningkatkan kemungkinan untuk bisa mendengarkannya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak