Sejarah Panjang Setir Peugeot hingga Jadi Super Canggih

Kamis, 04 Juni 2020 - 19:39 WIB
loading...
Sejarah Panjang Setir Peugeot hingga Jadi Super Canggih
Roda kemudi sendiri terus berevolusi mengikuti perkembangan baik dari bentuk maupun fungsinya
A A A
JAKARTA - Sepanjang sejarah kendaraan, roda kemudi menjadi bagian vital dari kendaraan. Roda kemudi sendiri terus berevolusi mengikuti perkembangan baik dari bentuk maupun fungsinya. Bila semula hanya berfungsi sebagai kontrol arah kendaraan hingga disematkannya berbagai fungsi lain seperti tombol klakson, kontrol audio, airbag, cruise control, dan lainnya.

Roda kemudi pertama muncul pada tahun 1894 di mobil bertenaga 4 tenaga kuda, Panhard buatan Alfred Vacheron. Umumnya, pada zaman ini, mobil lain masih menggunakan batang pengatur arah. Mengikuti lomba balap Paris-Rouen, tidak hanya dikenal sebagai balap semata namun juga ajang publikasi teknologi kendaraan yang diikuti lebih dari 100 mobil. BACA JUGA - Toyota Fortuner Terbaru 2020 Resmi Meluncur, Ini Detail Spesifikasinya

Memang pada ajang tersebut, Panhard menempati posisi juara keempat namun publikasi mengenai inovasi roda kemudi menjadi tersebar luas. Pelan tapi pasti, penggunaan roda kemudi mulai menggantikan batang pengatur arah sebagai alat untuk mengendalikan arah roda.
Peugeot langsung merespons. Peugeot mulai menerapkan sistem roda kemudi pertama pada Peugeot Type 36 di tahun 1901, dilengkapi dua buah inovasi yaitu roda kemudi dan kap mesin yang merupakan hal baru pada masanya.

Ajang perlombaan balap juga memiliki peran penting dalam perkembangan inovasi bentuk dan fungsi dari roda kemudi. Pada mobil balap Peugeot 908, seluruh kontrol kendaraan disematkan pada sistem roda kemudinya. Kemudian inovasi ini diadopsi pada roda kemudi Peugeot harian terkini, dengan menyematkan berbagai teknologi dan fungsi.

Hingga pada tahun 2012, Peugeot 208 memperkenalkan inovasi besar pada posisi pengemudi dengan meluncurkan PEUGEOT i-Cockpit®. Inovasi tersebut tidak lepas dari roda kemudi yang didesain sedemikian rupa sehingga menjadi sangat kompak dan ergonomis. Didesain ulang untuk memberikan genggaman yang semakin baik. Tidak hanya itu, desain ini memberikan sang pengemudi pandangan yang lebih jelas terhadap instrumen kendaraan serta jarak pandang jalan.

PEUGEOT i-Cockpit® sampai kini terus berevolusi dan menjadi basis standar pada generasi model-model Peugeot setelahnya. Sampai kini, lebih dari 6 juta penggendara yang telah memiliki dan menggunakan Peugeot berteknologi i-Cockpit® di seluruh dunia. Teknologi yang sangat unik di dunia otomotif dan telah menjadi DNA Brand Peugeot. Bahkan konsep ini juga dihadirkan pada mobil konsep terbaru, Peugeot e-Legend.

Ini merupakan salah satu bagian dari ambisi sederhana Peugeot yaitu memberikan respon akurat dengan desain interior stylish dan berteknologi tinggi juga sangat aman bagi para pengendaranya. Peugeot 3008 SUV & 5008 SUV yang dijual di Indonesia juga telah mengadopsi teknologi roda kemudi sangat canggih ini.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)