alexametrics

Selama Masih di Bumi, Google Maps Punya Kode Plus yang Bisa Menemukan Anda

loading...
Selama Masih di Bumi, Google Maps Punya Kode Plus yang Bisa Menemukan Anda
Kode Plus pada Google Maps dapat sangat bermanfaat bagi orang-orang dan organisasi dalam skenario tanggap darurat dan krisis. Foto/Ist
A+ A-
MOUNTAIN VIEW - Google Maps memiliki fitur tersembunyi yang disebut "Kode Plus" sebagai alamat digital. Maksud dari alamat digital di sini adalah versi bujur dan lintang milik Google sendiri. (Baca juga: Kawanan Sapi Jadi Penyebab Gangguan di Pusat Data Google)

Dengan kode-kode ini, lokasi apapun dapat ditemukan meskipun tidak memiliki alamat. Dengan kata lain, Kode Plus memungkinkan seseorang untuk menemukan sebidang tanah tertentu yang dapat ditemukan kapan saja.

Kode Plus berbeda dari fitur "Berbagi Lokasi" yang melacak pengguna Google Maps saat mereka dalam perjalanan. Dan Google telah mulai mendorong pembaruan yang membuatnya lebih mudah bagi pengguna Android untuk menggunakan kode-kode ini.
Selama Masih di Bumi, Google Maps Punya Kode Plus yang Bisa Menemukan Anda

Laman Phone Arena menyebutkan, Kode Plus juga dapat digunakan digunakan pada iPhone. Untuk melihat bagaimana ini bekerja, contohnya pada ponsel Android, coba ketik P2X7 + 9Q New York di Google Search, browser web Chrome atau Google Maps, maka Anda akan menemukan arah ke Empire State Building di ketiga aplikasi.



Untuk menemukan Kode Plus yang menunjukkan lokasi Anda saat ini, pada ponsel Android, Anda bisa mengikuti petunjuk mudah di bawah ini.

Pertama, buka aplikasi Google Maps di ponsel Android Anda. Lalu ketuk titik biru yang menunjukkan lokasi saat ini. Kode Plus untuk lokasi Anda saat ini akan muncul di bagian atas layar handphone.

Kemudian bagikan kode itu dengan teman atau anggota keluarga. Jika Anda sedang bepergian, Anda mungkin ingin mengetuk tombol "Berbagi lokasi" juga.

Jika Anda menggunakan iPhone, ikuti petunjuk ini:
- Buka aplikasi Google Maps di iPhone Apple Anda.
- Ketuk dan tahan layar ke lokasi di mana Anda berada di peta yang akan meninggalkan penanda merah di lokasi itu
- Google Maps akan menampilkan sembulan kecil di bagian bawah layar yang menunjukkan lokasi Anda.
- Tarik ke atas pada menu pop-up.
- Di sebelah ikon penanda di atas bujur dan lintang Anda, Anda akan melihat Kode Plus.
- Salin dan tempel Kode Plus dan kirimkan ke teman atau anggota keluarga untuk memberi mereka lokasi Anda saat ini.

Google mengatakan, 25% dari planet ini, 25% dari populasi, tidak memiliki alamat atau memiliki alamat yang sulit ditemukan. Jadi Google mulai mengembangkan Kode Plus pada 2015.

"Kode Plus dapat sangat bermanfaat bagi orang-orang dan organisasi dalam skenario tanggap darurat dan krisis. Jika Anda pernah dalam keadaan darurat, Anda tahu bahwa dapat membagikan lokasi Anda untuk bantuan untuk dengan mudah menemukan Anda sangat penting. Namun di banyak tempat di dunia, organisasi berjuang dengan tantangan ini setiap hari," kata Google dalam web-nya seperti dilansir laman Phone Arena.

Dengan Kode Plus, lanjut Google, tidak hanya orang dapat berbagi lokasi dengan cepat bahkan tanpa alamat, tapi mereka sekarang dapat melakukannya dengan hanya membuka Google Maps dan mengetuk pada titik biru untuk melihat, menyalin, dan berbagi lokasi Kode Plus mereka. Kode Plus kemudian dapat dimasukkan ke dalam Google Maps untuk membantu menemukan dan menavigasi ke lokasi itu.

"Lokasi digital melalui Kode Plus berarti bahwa di mana-mana sekarang memiliki lokasi yang mudah diidentifikasi, menghemat waktu dan mendapatkan sumber daya di sana ketika itu benar-benar penting. Tidak memiliki alamat seharusnya tidak lagi menjadi penghalang untuk dengan mudah berbagi lokasi Anda dengan penyedia layanan, membimbing mereka kepada Anda saat Anda paling membutuhkannya," tulis Google.

Google menegaskan, pembaruan sedang berjalan sekarang dan menyarankan agar Anda mencoba fitur baru ini dalam beberapa pekan ke depan. Berkat fitur baru ini, setiap lokasi di planet ini sekarang dapat diidentifikasi dengan kode unik.
(iqb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak