Aplikasi Jovee Siapkan Trik Hadapi COVID-19 di Bulan Ramadhan

Rabu, 22 April 2020 - 19:35 WIB
loading...
Aplikasi Jovee Siapkan Trik Hadapi COVID-19 di Bulan Ramadhan
Aplikasi Jovee siap membantu masyarakat mendapatkan suplemen vitamin untuk kebutuhan di bulan Ramadhan 2020. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jovee, aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal menyatakan kesiapannya membantu masyarakat memenuhi kebutuhan suplemen. Khususnya dalam periode bulan puasa di masa pandemik COVID-19 seperti sekarang.

Jovee didukung oleh para dokter dan apoteker untuk melayani kebutuhan masing-masing individu dengan tepat. Ditambah dukungan teknologi Data Science, Jovee memanfaatkan recommendation engine yang akan mengumpulkan data dan menggali profil pola hidup tiap penggunanya.

Pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) telah membuat orang berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas hidup. Pandemik tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Aspek kehidupan tiap orang secara psikologis, sosial, bahkan spiritual ikut diuji saat ini.

Termasuk kondisi memasuki bulan Ramadhan. Pada saat puasa, tubuh akan kekurangan air dan zat gizi, terutama vitamin dan mineral. Kebutuhan nutrisi harian mungkin tidak terpenuhi semuanya.

Untuk itu masyarakat harus memerhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh pada saat sahur dan berbuka. Tujuannya, menjaga daya tahan tubuh selama bulan Ramadhan.

“Bagi sebagian besar orang Indonesia, puasa di bulan Ramadhan ini akan terasa spesial, karena harus tetap di rumah bersama keluarga. Melakukan puasa dan menjaga imunitas tubuh menjadi tantangan tersendiri," kata Natali Ardianto selaku CEO Jovee.id dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/4/2020).

Lebih lanjut dikatakan, asupan gizi dan nutrisi harus tetap dijaga. Semua vitamin kecuali vitamin K tidak diproduksi oleh tubuh, oleh karena itu jika asupan gizi tidak lengkap, maka konsumsi suplemen bisa menjadi solusi. "Juga jangan lupa perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa,” imbuhnya.

Sedangkan, Rosnah Pinontoan, konsultan kesehatan Medikku dan partner Jovee, menganjurkan masyarakat agar saat berpuasa di tengah pandemik COVID-19 memerhatikan asupan gizinya. “Pada bulan Ramadhan terjadi perubahan waktu makan, di pagi sampai sore hari dilakukan puasa. Saat bulan Ramadhan yang mungkin terjadi adalah dehidrasi dan kekurangan mikronutrien. Hindari makanan yang bersifat proinflamasi seperti mengandung gula tambahan dan minyak jenuh berlebihan. Jika sulit memenuhi pola makan seimbang dan bervariasi, tambahan suplemen dapat dipertimbangkan, agar kesehatan tetap terjaga,” saran Rosnah.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama puasa adalah dengan mengonsumsi multivitamin/suplemen kesehatan. Jenis suplemen yang dipilih pun tentu harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tubuh.

Khusus di bulan puasa ini, Jovee memberikan alternatif suplemen khusus Ramadhan bagi masyarakat, yaitu multivitamin, habbatussauda, dan sari kunyit (turmeric). Multivitamin dapat membantu memelihara kesehatan dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh karena mengandung beberapa jenis vitamin sesuai kebutuhan tubuh antara lain vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, dan zat besi yang dapat mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus maupun bakteri. Kandungan mineral dari multivitamin juga membantu memaksimalkan antioksidan, sehingga dapat melawan radikal bebas.

Kemudian habbatussauda yang merupakan salah satu sumber thymoquinone memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi dan antioksidan. "Bagi yang memiliki riwayat maag tidak perlu khawatir karena ada sari kunyit yang juga tak kalah penting dan perlu dikonsumsi oleh tubuh. Kandungan zat curcumin didalamnya berfungsi sebagai anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan terhadap berbagai penyakit kronis, membantu mengendalikan diabetes, menetralisir radikal bebas sehingga dapat mencegah kerusakan sel pada tubuh," papar Natali.

Sebagai 10 besar Gugus Telemedik Covid-19 pilihan pemerintah, aplikasi Jovee siap membantu masyarakat memenuhi kebutuhan nutrisi ketika puasa agar tubuh tetap fit.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0947 seconds (0.1#10.140)