Inilah Kecepatan dan Volume Asteroid yang Akan Terobos Bumi Besok

Minggu, 07 Juni 2020 - 22:10 WIB
loading...
Inilah Kecepatan dan Volume Asteroid yang Akan Terobos Bumi Besok
NASA deteksi asteroid raksasa XA22 2013 melesat menuju Bumi. FOTO/ Daily
A A A
NEW YORK - Asteroid seukuran Big Ben bergerak mendekati Bumi dengan kecepatan 15.000 mph mulai Senin besok sekitar pukul 8.40 waktu setempat. NASA mendeteksi asteroid raksasa yang dijuluki XA22 2013 atau Apolo adalah meteor paling berbahaya.

Asteroid Apollo adalah jenis yang paling berbahaya karena menyebabkan kerusakan bahkan jika mereka bertabrakan dengan atmosfer Bumi. BACA JUGA - Keadaan Genting, NASA Deteksi Asteroid Besar Sedang Melesat Menuju Bumi

NASA memperkirakan 2013 XA22 akan mendekati Bumi pada hari Senin pada jarak 7,62 mil penerbangan dari Bumi. Dan ini mungkin terdengar dekat, tetapi pada kenyataannya itu sekitar 1.820.085 mil dari planet kita.

Menurut NASA, Objek Dekat Bumi adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan "komet dan asteroid yang telah didorong oleh gaya tarik gravitasi planet terdekat menjadi orbit yang memungkinkan mereka memasuki lingkungan Bumi" tutur NASA seperti dilansir seperti dilansir Daily Minggu (7/6/2020). BACA JUGA - Harga Motor 2 Tak Terus Naik, Honda Dio Muncul dengan Wajah Baru

mengingat ukuran asteroid yang besar, ia mampu menciptakan kawah yang lebarnya sekitar tiga mil jika bertabrakan dengan Bumi. Ini berarti asteroid cukup kuat untuk menghancurkan seluruh kota selama peristiwa tabrakan. "Penghancur kota" saat ini melaju dengan kecepatan 30.500 mph.

NASA menggolongkan tempat itu sebagai zona "objek dekat-Bumi", NASA sendiri berupaya menyelamatkan umat manusia dengan menyiapkan rencana gila untuk menyelamatkan bumi dengan menabrakkan pesawat ruang angkasa ke asteroid.

NASA sedang meningkatkan rencana untuk secara sengaja menabrak pesawat ruang angkasa ke asteroid ketika bergabung dengan Badan Antariksa Eropa (ESA) minggu depan.

Para ilmuwan dari kedua organisasi berencana untuk menguji apakah mungkin untuk membelokkan orbit asteroid yang berpotensi mematikan jutaan umat manusia.

Para ahli akan bertemu di Italia untuk menyempurnakan rencana tersebut. Sejauh ini, itu melibatkan tabrakan NASA DART - atau Uji Dampak Asteroid Ganda - ke asteroid.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2479 seconds (0.1#10.140)