Enggak Asyik, Samsung Batalkan Dukungan S-Pen untuk Galaxy Fold 2

Rabu, 10 Juni 2020 - 20:26 WIB
loading...
Enggak Asyik, Samsung Batalkan Dukungan S-Pen untuk Galaxy Fold 2
Samsung Galaxy Fold 2 akan datang dengan versi penyimpanan internal 256 GB bersama ROM 512 GB. Namun perusahaan menghilangkan S-Pen. Foto/Ist
A A A
SEOUL - Samsung masuk di segmen ponsel layar lipat tahun lalu dengan Galaxy Fold. Meski sempat cacat desain sehingga menunda peluncuran berbulan-bulan, foldable phone itu pada akhirnya diterima dengan baik di pasar. (Baca juga: ZTE Ajukan Paten Smartphone Layar Lipat, Tiga Lipatan Sekaligus )

Pada bulan Februari 2020, Samsung memperkenalkan ponsel pintar keduanya yang dapat dilipat dalam bentuk Galaxy Z Flip. Handphone pun direspons gegap gempita oleh konsumen. Unit datang dengan bentuk clamshell dan Snapdragon 855 SoC.

Samsung sendiri sudah menyiapkan generasi kedua Galaxy Fold. Menurut rumor, perusahaan akan memperkenalkan Galaxy Fold 2 baru pada bulan Agustus 2020, bersamaan dengan flagship Note20 series.

Sebelumnya beredar kabar Galaxy Fold 2 akan datang dengan dukungan S Pen. Sentimen positif itu sangat ditunggu pengaplikasiannya.

Namun, sebuah laporan baru yang dihembuskan dari Korea Selatan, hari ini, mengklaim batasan teknis akan mencegah handset untuk menawarkan dukungan kepada stylus pintar Samsung. Tampaknya, Samsung menghilangkan dukungan S-Pen karena masalah daya tahan layar lipat.

Ketebalan layar Galaxy Note10s yang menawarkan dukungan untuk S-Pen adalah 0,4 mm, tapi UTG (Ultra-Thin Glass) yang ditemukan di Galaxy Z Flip dan kemungkinan datang dengan Flip 2 adalah 0,03 mm. Tidak cukup tahan lama untuk mendukung S-Pen.

Meskipun kurangnya dukungan S-Pen, Samsung berupaya meningkatkan kualitas tampilan secara keseluruhan. Atau setidaknya, tingkatkan pengalaman pengguna. Karena itu, Fold 2 kemungkinan akan datang dengan layar 120Hz.

Ini menggandakan jumlah penyegaran layar yang ditawarkan oleh Galaxy Fold edisi pertama. Handset ini juga akan lebih besar dari model pertama dan akan menawarkan resolusi yang lebih tinggi. Mungkin, kita akan melihat tampilan QHD + lainnya. Sayangnya, informasi ini tidak dapat dikonfirmasi sekarang.

Laman Giz China menyebutkan, Samsung Galaxy Fold 2 juga akan datang dengan versi 256 GB bersama ROM 512 GB. Kehadiran varian dengan penyimpanan yang lebih sedikit bisa membantu Samsung menurunkan harga awal handset.

Selain Galaxy Fold 2, ada laporan Galaxy Fold Lite baru dan bahkan varian 5G dari Galaxy Z Flip juga sudah siap keluar pabrik.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)