Benarkah Kamera Huawei P40 Pro Plus Kalahkan Galaxy S20 Ultra? Cek Faktanya

Jum'at, 12 Juni 2020 - 07:25 WIB
loading...
Benarkah Kamera Huawei P40 Pro Plus Kalahkan Galaxy S20 Ultra? Cek Faktanya
Huawei P40 Pro + (Plus) memiliki kemampuan kamera di atas rata-rata. Lihat saja hasil bidikan zoom 100x-nya yang indah di atas. Foto/Tangkapan Layar: Muh Iqbal/SINDOnews/-Foto bodi berita Phone Arena
A A A
SHENZHEN - Tidak seperti P40 Pro yang didesain dari kaca, P40 Pro + (Plus) dibuat dari keramik yang lebih premium. Sementara bodinya dari kerangka baja dan menariknya unit menggunakan layar air terjun quad-curve yang membungkus tidak hanya sisi, tapi juga bagian atas dan bawah perangkat. (Baca juga: Diresmikan, Harga Huawei P40 dan P40 Pro Plus di Indonesia Masuk Akal )

Huawei menyebutnya Overflow Display dan dengan konsep desain ini, handset ini mencapai rasio layar-ke-tubuh atas, mengisi panel 6,6 inci di bodi paling ringkas untuk kelasnya. Namun, jangan tertipu, efek kurva pada atas dan bawah lebih untuk kaca penutup di atas, dan minimal untuk layar yang sebenarnya. Sejatinya masih ada dagu di sana.

Adapun dimensinya, bila dibandingkan dengan Galaxy S20 Plus dengan layar 6,7 inci, P40 Pro Plus datang lebih pendek dan lebih sempit meskipun rasio aspek Galaxy lebih tinggi. Ini membuat perangkat mudah dipegang dan dioperasikan dengan satu tangan. Jangan lupa, ponsel ini kedap air hingga kedalaman 10 kaki.
Benarkah Kamera Huawei P40 Pro Plus Kalahkan Galaxy S20 Ultra? Cek Faktanya

Namun perlengkapan kamera, keramik, dan ekstra zoom membuat P40 Pro Plus sedikit lebih berat. Jangan berburuk sangka dulu. Sama seperti saudara kandungnya, rasanya P40 Pro Plus sangat kokoh di tangan dan memiliki distribusi berat yang baik.

Huawei juga memindahkan faktor satu tombol fisik seperti pada seri Mate eksperimental. Dan sekarang mereka menyediakan tombol volume suara "kuno" yang bagus pada P40 Pro Plus.

Panel OLED 6,6 inci hadir dengan resolusi 2640x1200 dan memiliki guntingan kamera depan untuk kamera selfie ganda 32 MP yang memiliki fokus otomatis, sensor kedalaman untuk potret, dan dapat melakukan perekaman video 4K.

Seperti yang dapat Anda lihat dari pengukuran kualitas tampilan di bawah, ini adalah dikalibrasi sedikit lebih baik daripada panel Samsung pada S20 Ultra. Dengan white balance yang lebih baik, sedikit pergeseran pada sudut, dan cakupan gamut warna lebih kredibel dalam nuansa lebih dingin.
Benarkah Kamera Huawei P40 Pro Plus Kalahkan Galaxy S20 Ultra? Cek Faktanya

Laman Phone Arena menyebutkan, layarnya juga memiliki mode Vivid yang meningkatkan saturasi warna secara signifikan. Bahkan dalam mode standarnya merupakan panel yang sangat baik dengan representasi warna spot-on meliputi gamut standar, white balance sangat baik, tingkat kecerahan puncak yang memadai untuk dilihat di luar di bawah sinar matahari, serta kecerahan minimum yang sangat baik yang membuatnya sangat cocok untuk browsing di malam hari tanpa membakar retina Anda.

Tampilan Pengukuran dan Kualitas
Pemindai sidik jari dalam-tampilan juga telah sangat ditingkatkan, mengelola untuk mencakup area 30% lebih banyak dari sebelumnya, dan terasa lebih cepat untuk dibuka. Untungnya, Huawei menjaga optik daripada solusi ultrasonik Samsung yang berperilaku lebih lambat, dan lebih tidak menentu.
Benarkah Kamera Huawei P40 Pro Plus Kalahkan Galaxy S20 Ultra? Cek Faktanya

Last but not least, refresh rate tinggi yang trendi dari tampilan ada di sini juga. Huawei berpikir refresh stabil 90Hz adalah tradeoff sempurna antara visual yang halus dan konsumsi baterai. Melihat tampilan 120Hz yang haus daya dari seri S20, kita tidak bisa mengatakan bahwa pemikiran itu salah.

Di dalam ruangan dan dengan kecerahan otomatis, layar menguras sekitar 13% dari baterai setiap jam saat dihidupkan dengan refresh 90Hz dalam penggunaan campuran, dan 11% dengan refresh rate lebih tinggi. Jadi Anda bisa membiarkannya pada default 90Hz pengaturan.

Kamera Huawei P40 Pro Plus dan Sampel Zoom
Rumor tentang zoom periskop 10x muncul untuk P40 Pro Plus, dan Anda dapat membayangkan tingkat maginifikasi lossless yang dapat dilakukan. Zoom 10x yang bersih sangat jernih dan terperinci, dan Zoom Space 100x dari S20 Ultra juga tampak menarik perhatian. Bicara perbesaran pasti akan menimbulkan "kekacauan" dan tampaknya Pro Plus lebih unggul dibandingkan S20 Ultra.
Benarkah Kamera Huawei P40 Pro Plus Kalahkan Galaxy S20 Ultra? Cek Faktanya

Rekam level zoom bukan satu-satunya hal yang membuat P40 Pro Plus berbeda sebagai raja spesifikasi ketika datang ke kamera ponsel. Sebab handphone juga menggunakan sensor kamera 1/1.28" terbesar sepanjang sejarah ponsel modern.
Benarkah Kamera Huawei P40 Pro Plus Kalahkan Galaxy S20 Ultra? Cek Faktanya

Bukan hanya pengaturan piksel RYYB dari Pro Plus yang membantu saat berhadapan dengan cahaya rendah, tapi ukuran tipis dari piksel sensor terendam dalam foton 40% lebih banyak dari sebelumnya, kata Huawei. Ada juga kamera telefoto 3x untuk zoom menengah, dan sensor 40 MP ultrawide untuk pemotretan grup dan lanskap.
Benarkah Kamera Huawei P40 Pro Plus Kalahkan Galaxy S20 Ultra? Cek Faktanya

Melihat bidikan yang dihasilkan P40 Pro Plus dalam gelap gulita tanpa harus menggunakan mode Malam yang lebih lama, Phone Arena cenderung meyakini statistiknya. Cukup periksa sampel di bawah ini, P40 Pro Plus memiliki kemampuan sendiri dalam hal rentang dinamis terhadap S20 Ultra dalam bidikan di siang hari atau di dalam ruangan, dan mengalahkannya di malam hari.
Benarkah Kamera Huawei P40 Pro Plus Kalahkan Galaxy S20 Ultra? Cek Faktanya

Software dan Kinerja Huawei P40 Pro Plus
Huawei P40 Pro Plus berjalan pada open-source Android 10 dengan antarmuka EMUI 10.1 milik Huawei. Toko galerinya atau Huawei AppGallery telah memperluas jangkauannya dalam dua bulan sejak situs ini meninjau P40 Pro, dan jumlah aplikasinya jauh lebih banyak.

Huawei juga akan merangkul aplikasi lokal, memperkenalkan pembayaran dan dukungan aplikasi fintech -titik lemah dunia tanpa GMS atau Google Pay- yang spesifik untuk setiap negara tempat smartphone diluncurkan.

Sebagai titik awal, Anda dapat menggunakan aplikasi Phone Clone yang sangat baik dari Huawei. Dan kita hanya butuh sekitar 25 menit untuk memindahkan semua info dari yang lama ke yang baru (termasuk Facebook, Instagram, Twitter, dan sejenisnya).

Jika Anda ingin juga memindahkan gambar dan video, tentu saja membutuhkan waktu lebih lama. Phone Clone mungkin adalah perangkat lunak pengalih terbaik yang digunakan sejauh ini, karena tidak hanya mentransfer semua kontak, pesan, aplikasi dan pengaturan Anda, tetapi juga mengatur layar beranda persis seperti yang Anda miliki di telepon sebelumnya, lengkap dengan folder-nya.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2348 seconds (0.1#10.140)