Bicara dari A Sampai Z tentang Sony PlayStation 5

loading...
Bicara dari A Sampai Z tentang Sony PlayStation 5
Sony baru saja mengumumkan desain dan spesifikasi lengkap dari konsol game terbarunya, PlayStation 5. Namun mereka masih tak mau menyebut harganya. Foto/Ist
Sony memenuhi janjinya untuk menuntaskan "pembicaraan" tentang konsol game terbarunya, PlayStation 5 (PS5), hari ini. (Baca juga: Kolak Express 3, Game Besutan Telkomsel yang Asyik Dimainkan Semua Umur)

Setelah berbulan-bulan dinantikan gamer, akhirnya Sony secara gamblang mengungkap desain PS5 bersama spesifikasinya. Bahkan terungkap bahwa PS5 tahun ini ada mendatangkan setidaknya dua versi, yakni PS5 dengan driver disk dan yang satu konsol lainnya tanpa driver disk.
Bicara dari A Sampai Z tentang Sony PlayStation 5

Tampilan Modern Futuristik dengan Pengontrol DualSense
PlayStation 5 akhirnya terungkap selama acara presentasi konsol hari ini. Konsol game Sony generasi kelima tersebut menunjukkan tampilan putih yang sangat futuristik, cocok dengan desain pengontrol DualSense.

Pada awalnya, sebut laman Giz China, perangkat game ini memiliki dua versi konsol yang dikonfirmasi -satu dengan driver untuk Blu-Ray Disc dan satunya lagi versi digital. Desainnya yang berani dipastikan akan mengundang mata Anda untuk melirik perangkat.
Bicara dari A Sampai Z tentang Sony PlayStation 5

Versi digital lebih tipis daripada varian disk, dan pecinta game menganggap konsol game juga akan sedikit lebih murah. Sayangnya, perusahaan tidak memberikan detail tentang kompatibilitas PS5 dengan game PS4 di acara hari ini. Tetapi jika konsol next-gen memang hadir dengan kompatibilitas penuh, gamer bisa menganggap varian driver disk dapat membaca game PS4 tanpa kerumitan.

Konsol berwarna putih dapat diorientasikan secara horizontal atau vertikal. Desainnya memiliki detail keren, terutama ketika kita membandingkannya dengan Xbox Series X yang hanya dapat digunakan secara vertikal.
Bicara dari A Sampai Z tentang Sony PlayStation 5

Selain itu, gamer dapat melihat port USB dan USB-C di bagian depan. Kita bisa berasumsi akan ada lebih banyak port di bagian belakang. Sekadar catatan, PlayStation 4 hanya memiliki dua port dalam varian Slim dan FAT, tapi PlayStation 4 Pro memperkenalkan port USB ketiga di bagian bawah.

Selain PS5, Sony juga mengungkapkan headset baru yang berfokus pada PS5 dengan dukungan Audio 3D dan mikrofon berperedam bising. Ada stasiun pengisian controller yang mengisi dua bantalan DualSense. Selain itu, raksasa elektronik Jepang itu juga memperkenalkan pengendali jarak jauh media dengan mikrofon internal. Fitur itu akan memudahkan kehidupan pemain yang menggunakan konsol untuk menonton konten media.
Bicara dari A Sampai Z tentang Sony PlayStation 5

Sayangnya, tidak ada rincian harga atau peluncuran yang diumumkan hari ini. Menurut rumor, Sony menunggu sampai Microsoft mengumumkan harga Xbox Series X sebelum mengekspos harga PS5. Kedua konsol diharapkan dijual pada masa liburan tahun ini.

Di antara game eksklusif pertama yang datang untuk PS5, perusahaan mengumumkan Spiderman: Miles Morales, Horizon Forbidden West, dan remake Demon's Souls yang sangat dinanti-nantikan. Tentu saja, gamer berharap dapat melihat lebih banyak detail yang muncul dalam beberapa bulan mendatang.
Bicara dari A Sampai Z tentang Sony PlayStation 5

Spesfikasi Resmi PS5:
- Processor 8x Zen 2 Colors 3.5GHz
- GPU 10.28 TFLOPs, 36 CUs 2.23GHz
- Customized RDNA 2 GPU architecture
- 16GB GDDR6 / 256-bit RAM
- 448GB / s Memory Band
- Custom 825GB SSD Storage
- Flow Rate 5.5GB / s (Raw), Typical 8-9GB / s (Compressed)
- NVMe SSD Slot Storage Expansion
- External USB HDD Storage
- 4K UHD Blu-ray Driver Disc Player



(iqb)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top