WhatsApp Mulai Menguji 1 Akun Bisa Diakses 4 Perangkat Sekaligus

Jum'at, 12 Juni 2020 - 23:05 WIB
loading...
WhatsApp Mulai Menguji 1 Akun Bisa Diakses 4 Perangkat Sekaligus
Menurut rumor, akun WhatsApp dapat digunakan dari empat perangkat secara bersamaan. Foto/Ist
A A A
MENLO PARK - Tim aplikasi perpesanan populer , WhatsApp , mulai menguji fitur yang telah diminta pengguna selama bertahun-tahun lamanya sejak aplikasi perpesanan instan itu melayani banyak pengguna. (Saksikan video: Viral Mojang Bandung Hilang, Polisi Temukan Sang Gadis di Rumah Kontrakan Kawasan Garut )

Ya, kita berbicara tentang akses simultan ke akun dari beberapa perangkat secara bersamaan (akses multi-perangkat WhatsApp). Misalnya, aplikasi dapat digunakan dari smartphone dan tablet.

Laman Giz China melaporkan, perubahan tersebut dilaporkan oleh WABetaInfo. Menurut sumbernya, akun WhatsApp dapat digunakan dari empat perangkat secara bersamaan.
WhatsApp Mulai Menguji 1 Akun Bisa Diakses 4 Perangkat Sekaligus

Saat ini, fungsi tersebut sedang dalam pengembangan dan akan segera muncul dalam versi beta. Namun kita belum tahu tanggal pasti peluncurannya.

Pengguna WhatsApp telah memimpikan penampilan dukungan sebenarnya untuk bekerja dengan banyak perangkat sejak peluncuran messenger pada 2009. Sinkronisasi antara perangkat dengan operasi simultan WhatsApp sama sekali tidak disediakan.

WhatsApp saat ini hanya memungkinkan Anda untuk terhubung ke akun Anda dari satu perangkat. Bahkan versi desktop WhatsApp hanya dapat bekerja bersamaan dengan aplikasi yang berjalan di smartphone, cukup "mirroring" itu.

Tim WhatsApp juga menguji beberapa fungsi berguna lainnya. Antara lain, melakukan pencarian berdasarkan tanggal dan alat baru untuk menggunakan memori. Ada pula fitur mengurutkan foto dalam obrolan berdasarkan kebaruan atau ukuran, dan menghapus pesan yang disimpan kecuali yang ditandai. Dan seterusnya.

WhatsApp telah berulang kali dikritik oleh para pakar keamanan karena sikapnya terhadap data pengguna dan kurangnya enkripsi dalam percakapan. Baru-baru ini, penelitian yang dilakukan oleh peneliti cybersecurity Athul Jayaram, mengungkapkan kerentanan baru dalam fungsi menciptakan obrolan menggunakan undangan kode QR.

Ternyata, karena menggunakan fungsi ini, nomor kontak bocor. Dan dalam beberapa kasus, bahkan teks pesan muncul. URL yang dikemas dalam kode QR yang dapat didistribusikan kembali secara otomatis diindeks oleh mesin pencari dan muncul dalam hasil pencarian.

Peneliti mampu mendeteksi lebih dari 300.000 nomor ponsel pengguna dalam hasil pencarian. Dan jumlah ini pasti akan bertambah. Ini karena WhatsApp mengetahui apa yang terjadi dan tidak menganggap ini sebagai kebocoran data.

Menurut Athul Jayaram, cara terbaik untuk menghindari kebocoran adalah dengan menghapus akun WhatsApp dan memilih solusi yang lebih aman.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)