alexametrics

Rumah.com Sebut Tapera Bantu MBR Dapatkan Rumah Layak Huni

loading...
Rumah.com Sebut Tapera Bantu MBR Dapatkan Rumah Layak Huni
Rumah.com menilai Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) akan sangat membantu masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR dalam pengadaan rumah. Foto/Ist
JAKARTA - Rumah.com menilai Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) akan sangat membantu masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR dalam pengadaan rumah. Regulasi Tapera sendiri diperkuat melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat. (Baca juga: Sri Mulyani Sebut Kemiskinan Bisa meningkat 4,86 Juta orang)

Tapera nantinya akan memberikan fasilitas tabungan perumahan untuk pekerja, baik PNS, TNI/Polri atau pekerja swasta dan mandiri. PP Penyelenggaraan Tapera mengatur proses pengelolaan dana Tapera yang mencakup kegiatan pengerahan, pemupukan, dan pemanfaatan untuk pembiayaan perumahan bagi peserta.



Pemerintah merencanakan Tapera sebagai salah satu solusi mengatasi backlog perumahan. Menurut data terakhir dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), backlog masih mencapai 7,6 juta unit. Tapera akan menjadi sarana penyediaan dana murah jangka panjang dan berkelanjutan untuk pembiayaan perumahan yang terjangkau dan layak huni, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Marine Novita, Country Manager Rumah.com, menjelaskan, masyarakat berpenghasilan rendah tentunya akan sangat terbantu dengan adanya Tapera ini. Sebab mereka bisa mendapatkan kesempatan untuk memiliki rumah karena tidak semua MBR bisa mempunyai akses ke perbankan untuk mendapatkan kredit pemilikan rumah (KPR).



Sementara bagi masyarakat atau pekerja kelas menengah yang belum memiliki rumah, tapi diwajibkan mengikuti Tapera tentunya harus mencari solusi lainnya. “Masyarakat atau pekerja kelas menengah perlu mendapatkan perhatian sendiri, termasuk dari pemerintah agar bisa segera memiliki rumah karena mereka tidak bisa memanfaatkan fasilitas Tapera meskipun wajib menjadi pesertanya. Mereka sebaiknya mendapatkan fasilitas atau kemudahan lainnya karena sudah menjadi peserta Tapera," harap Marine.
halaman ke-1 dari 3
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak